Selepas PSBB, Kabupaten Banjar akan Terapkan New Normal

Petugas nampak sedang melakukan penyemprotan disinfektan di salah satu pasar di Martapura.(ist)

MARTAPURA,Kalselpos.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Banjar akan berakhir pada Sabtu (30/5) ini, dan kemungkinan besar tidak diperpanjang lagi.

Hal itu lantaran Bumi Serambi Mekah julukan Kabupaten Banjar ini merupakan salah satu dari 25 kabupaten/kota di Indonesia yang menerapkan PSBB, maka Kabupaten Banjar oleh Presiden Joko Widodo menjadi satu daerah yang diarahkan untuk melaksanakan fase New Normal.

Bacaan Lainnya

Wakil ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjar, HM Hilman, mengakui bahwa PSBB sepertinya tidak dilanjutkan namun akan memasuki New Normal, atau dalam artian kehidupan pemerintahan, perekonomian, sekolah, hingga peribadatan akan dibuka krannya kembali meski dengan batasan-batasan tertentu yang masih mengikuti prosedur Covid-19.

“Jangan salah paham soal New Normal. Jangan sampai aktivitas di luar semakin tidak terkendali karena ada uforia. Bagaimapun jarak aman harus tetap dijaga, terus memakai masker, dan rajin cuci tangan,” ingat Hilman yang juga merupakan Sekda Banjar ini.

Sementara koordinator satgas PSBB, Dandim 1006 Martapura Letkol Siswo Budiarto menambahkan bahwa New Normal bermaksud memberi kelonggaran pada unit-unit kegiatan tertentu, namun dalam pelaksanaannya masih dikawal dan terpadu.

“Intinya masih ada imbauan, di kehidupan normal, akan diberlakukan pola kehidupan yang baru, yakni dengan mendisplinkan masyarakat dengan protokol kesehatan. Kita upayakan 30 persen warga yang masih tidak memakai masker untuk mengikuti 70 persen warga yang sudah patuh bermasker,” ungkap Siswo.

Adapun mengenai tempat-tempat mana saja yang menerapkan New Normal masih akan dirapatkan.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

“Kegiatan akan kita beri kesempatan, dengan protokol Covid-19. Sebab kalau dibuka selebar-lebaranya gak bisa juga. Mana-mana sektor yang didahulukan, masih dibahas,”ujarnya.

Sementara itu Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo beserta seluruh personil Polres Banjar hingga Polsek jajaran siap mendukung pelaksanaan New Normal di Kabupaten Banjar dengan ditandai apel kesiagaan personil di Mapolres Banjar.

Penulis:fahmi de musfa
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com