Murjani Kritik Pemko, Tuken ASN Pukul Rata.

  • Whatsapp
Ketua Yayasan Lembaga YLK Kalsel Dr H Ahmad Murjani Mkes SH MH. (dik)

MARABAHAN, Kalselpos.com Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin menimbulkan sedikit gejolak, yaitu kecemburuan sosial sesama pegawai.

Pasalnya Tunjangan Kerja (Tuken) yang diterima sama alias pukul rata. Karena sebelum pandemi Covid-19 Tuken yang diterima bervariasi, tergantung kualitas kerja.

Bacaan Lainnya

“Ini ironis, memang sebelumnya Tuken diberikan antara Rp 3 juta sampai Rp 6 juta. Sekarang di pukul rata Rp 6 juta,”ungkap Pemerhati Kebijakan Publik Dr H Ahmad Murjani, Mkes SH MH kepada kalselpos.com, Rabu (27/05)

Jika faktanya begitu, sambung pak Murjani sapaan akrab Pemerhati Kebijakan Publik tersebut, berarti telah pemborosan keuangan daerah atau negara yang tidak efektif. Apalagi situasi pandemi Virus Covid-19 ini hanya eselon 2 dan 3 saja yang wajib masuk kantor.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Sementara eselon 4 dan staf terkecuali ada kebijakan kepala dinasnya masing masing yang terkait turun kerja.

Murjani mengkritik hal demikian, menurutnya perlu di evaluasi secara menyeluruh kinerja ASN mulai eselonering sampai staf harus terukur tanggungjawabnya sebagai abdi negara

Dikatakannya, khusus tingkat disiplin volume pekerjaan, absensi kehadiran yang tentu implementasi dari fakta integritas yang di tanda tangani seluruh aparatur sipil negara.

Ketua STIKES Cahaya Bangsa itu mempertanyakan, bagaimana model pengawasan yang dilakukan Pemko Banjarmasin, apakah meniadakan reward dan punishment untuk efiesiensi pemborosan keuangan negara.

Kedepannya dipikirkan penghematan pegawai, dinas atau badan yang tidak strategis dan efektif di “merger” pegawainya ke dinas yang masih memerlukan pelayanan,

“SDM yang kurang produktif tawarkan untuk pensiun dini, termasuk penerimaan CPNS perlu dikaji kebutuhannya. Kita ke depan masuk di era new normal,”tandasnya.

Penulis : Sidik Alvonso
Editor : Muliadi
Penangungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *