LSR-LPMT Kalteng Bantu ODGJ Berobat

  • Whatsapp
LSR LPMT Kalteng (ist)

PALANGKA RAYA, Kalselpos.com – Tidak banyak Organisasi Masyarakat (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mau melakukan hal yang bersentuhan dengan penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Seperti yang dilakukan Lembaga Swadaya Rakyat, Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LSR-LPMT) Kalimantan Tengah (Kalteng) yang selama ini diketahui selalu bergerak dibidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan sosial kemanusiaan yang telah melakukan bantuan untuk mengurus salah satu ODGJ dengan inisial JH (28) yang berada di Kota Palangka Raya.

Bacaan Lainnya

Ketua LSR-LPMT Kalteng, Agatisansyah mengatakan, aksi tersebut dilakukan atas permintaan oleh keluarga dari ODGJ tersebut untuk membawa JH ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, Kota Palangka Raya.

“Setelah mendapat permintaan bantuan dari keluarga, kita langsung bergerak menuju kediaman JH di Jalan Garuda, Kota Palangka Raya,” ucap pria dengan sapaan Gatis itu, Kamis (28/05/2020) siang.

Pasalnya, menurut informasinyang didapt oleh anggota LSR LPMT Kalteng, JH termasuk ODGJ yang sudah dianggap menunjukkan gejala yang bisa berakibat membahayakan orang lain.

“Walaupun dari pengakuan keluarganya bahwa JH pernah melakukan tindak kriminal dan dirawat di Rumah Sakit Jiwa Banjarmasin, namun karena niat kita baik Insha Allah Aman” Jelas Gatis.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Sesampai di lokasi, Gatis beserta anggotanya yang lain melakukan pendekatan dengan cara humanis dan meminta izin dari keluarga JH untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei

“Kita tidak menganggap JH ini mengalami gangguan jiwa dan berbahaya” tukasnya.

Menurutnya, sebelum sampaibke RSJ, JH terlihat senang ketika dibawa keliling Kota Palangka Raya dengan mobil Operasional LSR.

“Tadi saat diperjalanan dia (JH) mengatakan bila dirinya sembuh ia ingin bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng untuk minta uang agar bisa beli baju” tambah priabyang juga pernah terjun di dunia wartawan itu.

Sementara itu, Direktur RS Kalawa Atei, Dokter Theo menyambut baik pasien yang diantar oleh Ormas yang dipimpin oleh Gatis itu.

“Beliau (Dokter Theo) banyak membantu kita dan semua biaya pengobatan akan ditanggung Pemprov Kalteng” Pungkasnya.

Penulis : Zakiri
Pennggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *