Angka Pengangguran Tapin Menurun

  • Whatsapp
SERAHKAN- Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor saat menyerahan Kartu Prakerja kepada Warga masyarakat yang terdampak covid 19. Kamis (28/5).(ist)

RANTAU, Kalselpos.com – Jumlah pengangguran di Kabupaten Tapin dalam tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan. Hal itu dilakukan tidak lepas dari upaya pemerintah daerah yang terus memberikan pelatihan-pelatihan kerja berbasis kompetensi.

Hal terebut di sampaikan Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor saat menyerahan Kartu Prakerja kepada Warga masyarakat yang terdampak covid 19. Kamis (28/5).

Bacaan Lainnya

Data Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Tapin menujukkan tahun 2017 angka pengangguran di Tapin sebanyak 3242 orang, setahun kemudian menurun menjadi 2490 orang dan tahun 2019 sebanyak 1645 orang.

Wakil Bupati Tapin, H Syafruddin Noor mengatakan, angka pengangguran menunjukkan beberapa tahun belakangan mengalami penurunan akan tetapi masih menunjukan jumlah yang cukup banyak.

Hal itu didasari berdasarkan hasil bimbingan konseling dari pencari kerja yang terdaftar tidak memiliki skill dan keterampilan yang sesuai , sehingga persediaan lowongan yang ada tidak dapat terpenuhi, selain itu juga lowongan yang tersedia tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pencari kerja.

Disampaikannya, namun pemerintah daerah terus berupaya dalam mengurangi angka pengangguran ini yakni memberikan pelatia kerja seperti kursus menjahit, mekanik motor dan teknik komputer melalui Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Tapin.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

“Terbukti banyak warga Tapin yang sudah berhasil membuka usaha sendiri sesuai bidangnya, hal ini salah satu mengurangi angka pengangguran, “jelasnya.

Seiring dengan itu juga, melalui program pemerintah pusat mengeluarkan bantuan kartu kerja yang telah kita bagikan hari ini.

“Mudahan adanya kartu prakerja akan dapat meningkatkan keterampilan bagi yang mendaptkannya dan ilmunya dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan harapan angka pengangguran terus turun, ” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Tapin, Hj Fauziah mengatakan angka peningkatan pengangguran biasanya berbarengan dengan kelulusan sekolah tingkat menengah atas, pada saat itu banyak yang membuatkan kartu pencari kerja, dikarenakan untuk sekolah ke tingkat tinggi harus keluar biaya.

Disnaker mengupayakan dengan memberikan pelatihan kerja melalui Balai Latihan Kerja seperti menjahit, mekanik, teknik komputer dan meubel.

Penulis:dillah
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *