Wisma PSBR siap tampung ODP

HM Yus’a Saleh, Kepala PSBR Budi Satria Banjarbaru.(ist)

BANJARBARU, Kalselpos.com – Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria di jalan A Yani Banjarbaru siap menyediakan wismanya untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kalsel.

“Kapasitas wisma PSBR tersebut bisa menampung ODP hingga 150 orang,” ujar Kepala PSBR Budi Satria HM Yus’a Saleh, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/5) siang.

Bacaan Lainnya

Menurut Yus’a, wisma tersebut dapat digunakan untuk sementara waktu sebelum siswa PSBR masuk sekolah pada tahun ajaran baru nanti. “Saat ini kosong jadi dari pada tak terpakai saya mewacanakan digunakan untuk menampung ODP, sebagai bentuk kepedulian PSBR untuk membantu gugus tugas dalam penanganan Covid-19 di Kalsel,” ungkap Yus’a.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Selaku pimpinan PSBR, Yus’a siap terlibat langsung dalam penanganan para ODP yang ditampung. Selain diberikan pelayanan kesehatan para ODP juga akan diberikan bimbingan rohani dan jasmani.

“ODP yang ditampung akan dikedepankan penyembuhan psikologisnya melalui pendekatan keagamaan dan kesehatan jasmani dengan banyak olahraga dan berjemur dibawah sinar matahari,” katanya.

Faktor lainnya sehingga muncul wacana menjadikan wisma PSBR jadi penampungan ODP adalah kedekatannya dengan bandara internasional Syamsuddin Noor. Sementara untuk sumber daya perawat pihak PSBR akan merekrut  tenaga perawat 13 orang apabila usulan jadi penampungan ODP terealisir.

“Kita harapkan usulan ini dapat direspon gugus tugas dalam rangka penuntasan penanganan Covid-19,” harap Yus’a.

Ia menjamin penanganan ODP di PSBR berbeda karena selain mengedepankan pendekatan kesehatan tapi juga agamis serta penyehatan otak dan jasmani. “Namun syarat utama ODP masuk di sini harus mengikuti aturan di PSBR karena kita pendekatannya berbeda,” ujar Yus’a.

PSBR adalah salah satu UPTD Dinas Sosial Kalsel. PSBR menampung siswa kurang mampu untuk ditempa pendidikan rohani dan jasmani serta diberikan pelatihan keterampilan seperti otomotif, bengkel, jahit, Service HP, tata rias wajah, potong rambut dan pembuatan mebel kayu.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait