Usia 30 Tahun ke Atas Dominasi Kematian Covid-19 Banjarmasin

  • Whatsapp
Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi (dok)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Kota Banjarmasin memiliki angka kematian tertinggi untuk kasus Covid-19 atau virus Corona di Kalimantan Selatan. Kasus kematian tersebut berjumlah 48 kasus dari 219 kasus yang terkonfirmasi positif Corona.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, dari keseluruhan kasus meninggal dunia akibat Covid-19 yang ada di Bumi Kayuh Baimbai itu di dominasi oleh pasien dengan usia 32 hingga 65 tahun yang dikategorikan sebagai usia rentan kematian akibat Covid-19.

Bacaan Lainnya

Namun, ia menambahkan, puncaknya yaitu pada usia 46 hingga 55 tahun. “Sebagian besar pasien ini disertai dengan Komorbid atau penyakit penyerta seperti, Diabetes, Hypertensi dan TB Paru,” ucap Machli Riyadi pada wartawan, Jumat (22/05/2020) siang.

Menurutnya 3 penyakit tersebut merupakan penyakit bawaan yang menambah parah kondisi pasien terkonfirmasi positif. Sehingga memiliki resiko kematian yang tinggi.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

“Banyak orang yang datang dengan kondisi yang terlambat untuk dirawat, keadaan ini kita sayangkan kepada masyarakat,” Ungkapnya.

Kendati demikian, Machli juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyepelekan terjadinya indikasi covid-19 yang serupa dengan penyakit flu dan batuk disertai demam, mengingat Banjarmasin sudah menjadi wilayah transmisi lokal penyebaran virus Corona.

“Warga diminta berinisiatif melakukan karantina mandiri serta melaporkan diri ke layanan medis terdekat jika terdapat keluhan pada tubuh. Agar segera bisa ditangani lebih cepat,” tandasnya.

Penulis : Fudael
Editor : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.