Pemko Bentuk PSBK di Tingkat RT/RW

Ilustrasi pelaksanaan PSBB di Kota Banjarmasin (dok)

BANJARMASIN, Kalselpos.com Dalam perpanjangan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III di Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota (Pemko) setempat akan membuat kebijakan pembatasan di tingkat RT/RW di lingkungan warganya.

 

Bacaan Lainnya

 

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, PSBB tahap III kali ini pihaknya juga akan membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) tingkat RT/RW hingga Kelurahan di Kota Banjarmasin.

Menurutnya, PSBK tersebut akan merangkul masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi jalannya pembatasan aktivitas warga. Hal itu dilakukan agar masyarakat lebih disiplin dalam mematuhi seluruh peraturan yang sudan tertuang dalam Perwali Pasal 18 tahun 2020.

“Minimal di sekitar tempat tinggal mereka akan lebih aktif dalam pelaksanaan Poskamling dan penjagaan lainnya terkait dari segi pengamanan lingkungan,” ucapnya dalam video conference yang dilakukan usai rapat evaluasi PSBB tahap II bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin, Kamis (21/05/2020) malam.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Baiman itu menghimbau masing-masing komplek membuat aturan dalam pengetatan keamanan kompleknya, seperti pembatasan orang yang berkunjung ke dalam komplek tersebut.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

“Misalnya tidak boleh orang seenaknya keluar masuk komplek. Intinya harus ada penjagaan di komplek atau lingkungan masyarakat setempat,” ujarnya.

Matan anggita DPRD Provinsi Kalsel itu mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan menyampaikan hal tersebut kepada masing-masing Camat dan Lurah serta Babinsa juga Bhabinkamtibmas agar lebih memberdayakan masyarakat di sekitar dalam pengamanan lingkungannya sendiri.

“Tapi tentu kita sebagai Pemerintah Kota tidak akan lepas tangan, TNI-Polri dan Satpol-PP akan tetap bersama-sama dengan masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 ini,” jelasnya.

Denga demikian, ia berharap pada kesempatan kali ini pihak tim gugus tugas masih bisa mengejar angka kasus Covid-19 di lapangan yang terus terjadi penyebaran dengan sosialisasi yang lebih masif agar dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya bahaya Covid-19.

“Sehingga masyarakat kita akan semakin taat untuk menggunakan masker dan juga protokol kesehatan,” pungkasnya.

Penulis : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga.

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait