Tahun ini Lakalantas di Tanbu Berkurang

  • Whatsapp
Iptu. GM. Angga Satria Wibawa, Kasatlantas Polres Tanbu.(Kristiawan)

BATULICIN, Kalselpos.com – Tingkat angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di wilayah hukum Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) tahun 2020 berkurang dibanding dengan tahun 2019.

Data tersebut diperoleh dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tanbu. Pada tahun 2019 mulai bulan Januari hingga bulan Mei kasus lakalantas dan pelanggaran sebanyak 37 kasus (perkara). 

Bacaan Lainnya

Sementara pada tahun 2020 ini terhitung bulan Januari sampai dengan bulan Mei ada sebanyak 18 kasus (perkara) Lakalantas.

“Penurunan angka lakalantas tersebut disebabkan kurangnya aktivitas lalulintas di jalan raya,” kata Iptu. Angga Sartia Wibawa selaku Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Tanbu, kepada kalselpos.com, Kamis (21/5) pagi.

Dijelaskannya, hampir 2 bulan lebih semua orang masih terfokus pada persoalan pandemi Covid-19. Secara khusus di Kabupaten Tanbu, dan secara umum di Provinsi Kalimantan Selatan. “Hal itu yang membuat ada pembatasan aktivitas di tataran masyarakat kita sendiri,” ujar Angga. 

Dari jumlah 37 kasus lakalantas pada tahun 2019 (Januari – Mei) sebutnya, angka kematian (meninggal dunia) ada 17 orang, korban luka berat 12 orang dan korban luka ringan 20 orang.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Kemudian pada tahun 2020 (Januari – Mei) hanya ada 18 kasus lakalantas di wilayah hukum Polres Tanbu. “Jumlah angka kematian akibat dari lakalantas 6 orang, luka berat 7 orang dan luka ringan ada 8 orang,” ujarnya. 

Terlepas dari permasalahan lakalantas yang ada ia menghimbau, agar masyarakat untuk mengurangi aktivitasnya dan di rumah saja di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Kemudian, tidak perlu keluar kota ataupun mudik pada saat perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini mengingat penyebaran Covid-19 di Tanbu dan Kalsel cukup signifikan tinggi. 

“Kita bisa melakukan silahturahmi melalui sarana teknologi yang ada, seperti halnya dengan telepon video call bahkan telekonferensi dengan video pun bisa dilakukan oleh siapa saja,” sarannya. 

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.