710 Warga Banjarmasin Terima Kartu Pra-kerja

  • Whatsapp
Penyerahan secara simbolis program pemerintah pusat yaitu kartu pra-kerja kepada warga yang sudah terdaftar di databese pusat (ist

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Setelah sekian lama menunggu proses yang panjang, ratusan warga kota Banjarmasin akhirnya bisa mendapat kartu pra-kerja yang merupakan bagian dari program Pemerintah Pusat dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, Rabu (20/05/2020) siang.

 

Bacaan Lainnya

 

Kartu sakti tersebut diserahkan langsung oleh pihak BNI Kota Banjarmasin kepada para peserta kartu pra-kerja yang berhasil lolos seleksi dengan disaksikan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi PLT Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, Ir Doyo Pudjadi di Lobby Balaikota Banjarmasin, Rabu 20/5/2020.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, kartu pra-kerja tersebut merupakan identitas bagi penerima program pemerintah yang memiliki berbagai macam pelatihan dan keterampilan guna memasuki dunia kerja.

“Hari ini saya sangat berbahagia karena informasinya ada 710 kartu pra-kerja yang diserahkan kepada masyarakat untuk mendapatkan program pelatihan dari Pemerintah Pusat,” beber ungkapnya.

Ia mengaku rasa bahagia tersebut muncul karena saat ini sejumlah warga Kota Banjarmasin tengah mengalami Pemutusan Hak Kerja (PHK) serta dirumahkan saat pandemi Covid-19 melanda Bumi Kayuh Baimbai itu.

“Paling tidak mereka yang dapat kartu pra-kerja ini dapat mengikuti program yang sangat bermanfaat dalam menunjang kebutuhan sehari-hari,” tukasnya.

Disamping itu, ia berharap wabah Covid-19 tersebut cepat berlalu dan segera kehidupan kembali normal seperti sediakala.

“Semoga ini bermanfaat terutama bagi warga yang kena phk atau dirumahkan serta para pencari kerja yang memang belum mendapatkan pekerjaan,” harapnya.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Sementara itu, Pimpinan Cabang BNI Banjarmasin, Jodhy A Wardhana menjelaskan, Program Kartu Pra-kerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Ia membeberkan, untuk mengikuti program tersebut, ujarnya masyarakat harus mendaftar situs resmi program, yaitu www.prakerja.go.id dan nanti ada persetujuan dari PMO.

“Apabila pendaftar sudah disetujui sebagai peserta Program Kartu Pra-kerja, pembayaran insentif pelatihan dan uang survey dapat dilakukan melalui rekening BNI, atau OVO, dan Link Aja. Pembayaran insentif dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses pelatihan atau kursusnya,” papar lelaki yang akrab disapa Jhody itu.

Menurutnya, sebagai Official Digital Banking Partner Program Kartu Prakerja, BNI berperan menyelenggarakan cash management system, melakukan pembayaran manfaat untuk marketplace, pembayaran insentif peserta, hingga pembayaran ke BLK dan LPK.

“Selain itu BNI juga memberikan kemudahan kepada para pencari kerja yang belum memiliki rekening dengan berbagai kemudahan dan penawaran special,” pungkasnya.

Penulis : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Tinggalkan Balasan