DPRD dorong Penggunaan Embung Kelumpang Hilir

Kalangan Anggota DPRD Kotabaru meninjau embung yang ada di Kecamatan Kelumpang Hilir.

KOTABARU, Kalselpos.com – Menyikapi persoalan kebutuhan air bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kotabaru menjadi perhatian untuk menyiapkan fasilitas bagi tampungan air agar pemenuhan air bersih dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat pada umumnya.

Menyikapi hal tersebut, kalangan anggota DPRD Kabupaten Kotabaru beberapa waktu lalu melakukan peninjauan embung yang ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru yang hingga sekarang belum juga difungsikan karena adanya kendala pada masalah kawasan yang dinilai belum beres.

Bacaan Lainnya

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

 

Dalam kesempatannya, dikatakan oleh Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Suji Hendra bahwa, saat peninjauan lokasi embung ia ditemani anggota dewan lainnya seperti Gewsima Mega Putra dan Agus Subejo.

“Embung tersebut sudah lama dibangun namun belum bisa difungsikan hingga sekarang dan itu menggunakan anggaran daerah dan untuk pemasangan jaringan perpipaan ke rumah warga sudah selesai. Akan tetapi, persoalannya pada lahan yang belum tuntas penyelesaiannya,” tutur Suji.

Dilanjutkannya pula, hal tersebut berkaitan dengan ganti rugi lahan yang belum jelas dan lokasinya pun berada di dalam kawasan hutan.

“Kepada pemerintah desa dan kecamatan agar bersama mencari solusi terbaiknya dan kami dari DPRD Kotabaru akan memasukkan ke dalam program legislasi daerah agar bisa dibuatkan Raperda tentang RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) sekaligus penyesuaian status lahan kawasan hutan, tentunya hal itu salah satu upaya agar embung tersebut kedepan dapat dimanfaatkan sebagaimana harapan,” jelasnya.

 

Humas PDAM Kotabaru, Sarwani.

 

Sementara, Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru, Sarwani mengungkapkan, dalam hal ini ditegaskannya PDAM hanya sebagai operator tentunya sangat menyambut baik upaya yang akan dilakukan oleh jajaran legislatif untuk percepatan penggunaam fasilitas embung tersebut.

“Pastinya kami sangat apresiasi kepada anggota DPRD Kotabaru, apalagi mereka langsung turun kelapangan guna melihat situasinya. Prinsipnya, kami berharap apa yang akan di upayakan oleh wakil rakyat kita untuk mengatasi masalah kebutuhan air bersih dalam terwujud sebagaimana harapan, apalagi kita ketahui bersama bahwa air menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus di penuhi oleh pemerintah,” harapnya.

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional