Warga di Dataran Rendah Dihimbau Waspada Banjir

DATARAN RENDAH - Genangan air yang sudah merendam wilayah dataran rendah seperti di Jalan Merak ini.( list)

MUARA TEWEH, kalselpos.com – Intensitas curah hujan di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi membuat beberapa wilayah Kecamatan yang berada di dataran rendah digenangi banjir. Seperti halnya di wilayah Kecamatan Lahei dan Lahei Barat.

“Curah hujan dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi di wilayah Kabupaten Barito Utara dan juga di Kecamatan Lahei. Akibat curah hujan cukup tinggi mengakibatkan debid air sungai Barito meluap,” kata salah seorang warga Lahei Abdul Hidayat, Selasa (28/4).  

Bacaan Lainnya

Ia menginformasikan kepada warga Lahei yang menggunakan transportasi darat agar waspada untuk Kelurahan Lahei I dan Kelurahan Lahei II karena sebagian akses jalan banyak yang sudah terendam banjir.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

 

“Untuk Kelurahan Lahei I di Jalan Karang Paci RT 04, Jalan Singa Marta RT 03. Dan untuk Kelurahan Lahei II jalan yang terendam banjir jalan Kiai Carmaguna RT 01, jalan Bangdes RT 05, Jalan Beringin Tunggal RT 06, Jalan Padat karya RT 07 (arah lintas menuju desa Luwe).

“Untuk ketinggian air diperkirakan sekitar 1 (satu) meter dari permukaan jalan,” kata Abdul Hidayat.

Sementara itu, warga Muara Teweh, Yani mengatakan air begitu cepat naik sehingga dalam beberapa jam sudah menggenangi jalan yang berada di dataran rendah seperti di Jalan Merak, Jalan Imam Bonjol dan Gang Paraguay.

“Pagi tadi di jalan Merak belum ada air di jalan, namun sejak pukul 12.00 WIB air sudah menggenangi Jalan Merak ini. Saat ini air dengan perlahan masih menandakan debit air tetap naik. Air begitu cepat naiknya,” kata Yani warga Jalan Merak saat dihubungi melalui telepon, Rabu (29/4/20).  

Dikatakannya, apabila di wilayah hulu Barito atau di wilayah Kabupaten Murung Raya banjir, maka dipastikan wilayah Kabupaten Barito Utara yang berada di wilayah hilir akan kena dampaknya juga dilanda banjir.

Sementara itu desa-desa yang berada di dataran rendah di daerah ini juga mulai terendam banjir seperti di Kelurahan Jingah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru.

Selain merendam sejumlah desa di Kecamatan Teweh Baru, banjir juga dipastikan merendam sejumlah kawasan yang berada di pinggiran Sungai Barito di Teweh Tengah dan Montallat.(sli)
 
Penulis: Asli
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

Pos terkait