Batola pulangkan pasien sembuh Corona

Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan saat menyerahkan surat keterangan sehat kepada pasien yang dinyatakan sembuh Corona. (Ist)

MARABAHAN, kalselpos.com – Dua pasien positif Corona di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dinyatakan sembuh langsung dipulangkan ke rumah masing-masing pada tanggal 25-04 pukul 02.30 wita siang.

Kedua pasien sembuh tersebut berasal dari Kecamatan Wanaraya yang berinisial Btl-01 perawatanya di RSUD Abdul Aziz Marabahan dan Btl-05 menjalani perawatan di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Untuk pasien Btl-01 berusia 48 tahun, warga Desa Roham Raya. Sebelum dipulangkan terlebih dahulu diberikan surat keterangan sehat oleh Fathurrahman selaku Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan.

Kemudian pemulanganya diantar menggunakan Ambulance langsung dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola dr Azizah Sri Widari.

Pasien sembuh Corona saat keluar dari RSUD Abdul Aziz menggunakan kursi roda. (Ist)

“Kedua pasien ini dipulangkan, untuk sementara belum bisa langsung melakukan aktivitas,”ungkap Azizah seraya menambahkan mereka harus melanjutkan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari untuk menjaga kesehatan.

Selain Kadinkes, Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan Fathurrahman mengungkapkan pasien Btl-01 sempat dirawat selama 15 hari.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

 

Namun saat dirawat, ternyata menunjukan kemajuan termasuk saat tes swab dua kali hasilnya negatif.
Dengan sembuhnya pasien Btl-01 ini, dia berharap akan semakin memantapkan keyakinan dan kepercayaan para petugas kesehatan untuk bekerja lebih semangat.

“Semoga pasien-pasien yang tengah dirawat bisa menyusul seperti pasien Btl-01,” harapnya sembari menyebutkan dengan pulangnya pasien Btl-01, sementara ini sisa pasien positif yang masih dirawat di RSUD Abdul Aziz berjumlah 20 orang.

Dengan jumlah ini, sambung Fathur, bertambah 7 orang dan yang menyusul 5 pasien positif yang ada di masukan di karantina SKB Marabahan dan orang yang melakukan karantina mandiri di rumah.

Dalam hal ini, dia menyampaikan kemampuan ruangan RSUD Abdul Aziz untuk pasien positif Covid-19 masih memungkinkan, karena selain terdapat ruang isolasi terdahulu dengan kapasitas 10 orang, pihaknya juga menyediakan 2 ruang baru dengan kapasitas masing-masing 14 dan 16 pasien.

Sedangkan petugas medis di setiap ruang isolasi pihaknya telah mempersiapkan petugas jaga, baik perawat atau bidan yang dilengkapi dengan koordinator.

Selain itu, para pasien setiap hari diperiksa oleh dokter spesialis paru. Sementara terkait Alat Pelindung Diri (APD) dia bersyukur yang selama ini dikhawatirkan, namun hingga saat ini masih terakomodir, baik dari yang dipersiapkan pihak rumah sakit sendiri, maupun bantuan-bantuan dari pemerintah maupun swasta, sebut Fathur”.

“Dengan adanya 2 orang yang sembuh ini, maka hingga Sabtu (25/04/2020) pukul 12.18 Wita jumlah pasien positif masih tersisa 28 orang,” ungkapnya kepada kalselpos.com melalui Humpro Batola, (26/04/2020).

Penulis : Muliadi
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

Pos terkait