Rp 58 Triliun, Realokasi APBD 528 daerah tangani Covid-19

Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie saat mengikuti Video Conference.(ist)

BANJARBARU, kalselpos.com – Sekda Provinsi Kalsel, Abdul Haris didampingi Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira, Inspektur Daerah, A Fydayeen dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Siti Nuryani mengikuti video conference bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di ruang Command Center, Banjarbaru, Senin (20/4) siang.

Plt Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Mochammad Ardian mengatakan, Kemendagri telah menerima laporan realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari 528 pemerintah daerah (Pemda) untuk penanganan wabah Virus Corona atau Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Total dana APBD yang telah direalokasi untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19 tersebut mencapai Rp 58 triliun,” ungkap Mochammad Ardian.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

 

Disampaikannya, total alokasi anggaran itu diarahkan untuk tiga pos alokasi, yakni penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan penyedia jaring pengaman sosial.

“Anggaran dari APBD sebesar Rp 58 triliun jangan dimaknai sebagai angka final. Karena karakteristik di setiap daerah berbeda dan dinamika sangat tinggi,” pesannya.

Dia berpesan, angka yang ada saat ini jangan dimaknai angka final. Kalau Pemda mau meningkatkan lagi silakan, karena dinamika sangat tinggi.

“Tidak ada kepastian kapan pandemi ini akan berakhir, untuk itu pemerintah daerah harus betul-betul cermat menghitung anggaran yang disiapkan,” cetusnya.

Selain itu, tambah Mochammad, Kemendagri meminta kepada Pemerintah Provinsi untuk membantu Pemerintah Kabupaten dan Kota yang memiliki kekurangan dana dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sementara itu, Pemprov Kalsel telah me-refocusing dan merealokasi anggaran sebesar Rp 200 miliar. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pencegahan dan penaganan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

Pos terkait