Gubernur distribusikan disinfektan produk Dishut Kalsel

SERAHKAN DISINFEKTAN - Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyerahkan cairan disinfektan hasil produksi Dishut Kalsel kepada perwakilan TNI dan Polri.(ist)

BANJARBARU, kalselpos.com – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah berhasil memproduksi disinfektan untuk digunakan mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di Bumi Lambung Mangkurat.

Cairan pembunuh virus dan bakteri itu mulai didistribusikan ke kabupaten/kota se Kalsel. Pendistribusian dilakukan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor secara simbolis diterima perwakilan 13 kabupaten/kota bertempat di halaman kantor Sekdaprov Kalsel di Banjarbaru, Rabu (5/4/2020).

Bacaan Lainnya

“Cairan ini untuk disemprot ke sejumlah tempat. Saya dapat info dari Sekda, bahan ini bisa mematikan virus,” ucap gubernur.

Penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam menanggulangi penyebaran wabah virus corona.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq memaparkan, disinfektan yang diproduksi Pemprov Kelsel sangat ramah lingkungan. Sebab, diolah dari cangkang kelapa sawit. Proses pembuatan asap cair tersebut dengan membakar cangkang sawit didalam tungku asap cair yang saat ini tersebar di KTH Asap Cair binaan Dinas Kehutanan.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

 

“Disinfektan akan didistribusikan secara terus-menerus ke kabupaten/kota dalam upaya melakukan biosecurity. Pak gubernur meminta kita melakukan segala cara untuk menetralisir virus melakukan biosecurity dengan menggunakan disinfektan,” cetusnya.

Hanif berujar, saat ini ada 40 tungku untuk memproduksi disinfektan, dimana dalam satu tungkunya mampu memproduksi minimal 20 sampai 30 liter disinfektan sehari, sehingga dalam sehari mampu memproduksi kurang lebih seribu liter disinfektan.

“Seribu liter disinfektan tersebut nantinya secara rutin didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalsel untuk digunakan dalam kegiatan penyemprotan setiap harinya,” tutup pria yang terkenal sangat akrab dengan kalangan jurnalis ini.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait