144 tahanan diasimilasikan ke rumah masing-masing

  • Whatsapp
Kepala Lapas Kotabaru dan Tanah Bumbu (kiri) Suhartomo, bersama Ilham Khairi staf Fungsional Lapas.(Kristiawan)

BATULICIN, Kalselpos.com – Menindak lanjuti Peraturan dari Kementerian Hukum dan HAM RI, Nomor 10 tahun 2020 terkait dengan penanganan dan pencegahan Covid-19 di lingkungan lapas, maka Lapas Kotabaru melakukan asimilasi kepada 114 narapidana di rumah masing-masing. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Suhartomo selaku Kepala Lapas Kotabaru dan Tanah Bumbu saat dijumpai  Kalselpos, Kamis (9/4) siang di halaman Dinas Kesehatan Tanah Bumbu.

Bacaan Lainnya

Disampaikan oleh Suhartomo, saat ini lapas Kotabaru dan Tanah Bumbu masih menjadi satu, awalnya jumlah tahanan di lapas ada 890 orang. Sementara kapasitas lapas hanya 180 orang, hal ini sangat over kapasitas jadi sangat tidak mungkin untuk melakukan jaga jarak (physical distancing). 

“Tertanggal 1 hingga 7 April 2020, sebanyak 114 orang kita asimilasikan ke rumah masing masing, menghindari terjadinya penularan Covid-19, dan penerapan physical distancing sangat tidak mungkin dilakukan di dalam Lapas yang sudah over kapasitas,” ungkap Suhartomo.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

 

Dijelaskannya, untuk saat ini tersisa di dalam Lapas 750 lebih orang (tahanan) yang berasal dari Tanah Bumbu dan Kotabaru. dengan kapasitas Lapas hanya 180 orang. 

“Proses mekanisme asimilasi tahanan itu memiliki kriteria tertentu. Pertama dia sudah menjalani hukuman 1/2 hukuman dari putusan, kedua dia bukan tanahan korupsi, ketiga dia bukan bandar narkoba dan yang keempat dia tidak sedang dalam tuntutan pengadilan,” terangnya. 

Dilanjutkan Sutomo, dari 144 orang (tahanan) yang diasimilasikan ke rumah sudah memenuhi proses tersebut dan mereka tidak ada yang terpapar dalam Covid-19 ataupun ODP. umUntuk kepastiannya mereka berasal dari Tanah Bumbu dan Kotabaru. 

“Beberapa hari kedepan ini akan ada asimilasi tahanan lagi dan dikembalikan ke rumah masing-masing, namun jumlahnya tidak banyak,” pungkasnya. 

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.