Kemungkinkan tahun ini sholat Tarawih di rumah masing-masing

  • Whatsapp
Kakankemenag Tanbu, Ahmad Kamal.(Kristiawan)

BATULICIN, Kalselpos.com – Mengingat semakin meluasnya pandemi Corona virus Disease (Covid-19) dan semakin banyaknya korban akibatnya, kemungkinan dalam menyambut bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijrah akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Mengingat dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 6 dari Kementerian Agama (Kemenag) RI tentang panduan beribadah yang sejalan dengan aturan dan Syariat Islam sekaligus dalam mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi umat muslim di Indonesia dari resiko penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dari catatan ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Tanah Bumbu (Tanbu), Ahmad Kamal kepada Kalselpos, Rabu (8/4) pagi. 

“Mengacu kepada SE tersebut, untuk sementara waktu agar masyarakat melaksanakan sholat Tarawih berjamaah bersama keluarga di rumah masing-masing. Saur dan buka puasa pun dilakukan di rumah bersama keluarga, hindari dulu acara buka bersama,” terang Ahmad Kamal. 

Begitu juga dengan pelaksanaan kegiatan pengajian Tadarus, kegiatan itu dilakukan di dalam rumah bersama dengan keluarga masing-masing, demi kebaikan bersama dan menjaga meluasnya penyebaran virus Covid-19.

Kemungkinan dalam waktu dekat ini, kata Ahmad Kamal, Kankemenag Tanbu akan mengeluarkan SE terkait dengan panduan ibadah bulan suci ramadan di Kabupaten Tanbu. Tentunya untuk menindak lanjuti SE dari Kemenag RI yg dikeluarkan pada 6 April 2020 kemarin. 

“Namun demikian, SE tersebut bersifat sementara, karena bisa saja ada perubahan ataupun akan ada surat edaran susulan tergantung situasi yang ada di Tanbu,” ujar Ahmad Kamal.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

 

Apabila situasinya memungkinkan dan membaik maka, jelasnya, akan ada perubahan panduan baru, baik dari Kemenag RI ataupun dari Kankemenag Tanbu terkait dengan pelaksanaan salat tarawih ataupun panduan rangkaian ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan. 

BEDUK – Beduk yang ada di depan teras Masjid Agung Nurussalam Tanah Bumbu. (Kristiawan)

Karena perlu juga diketahui ujar Ahmad Kamal, kondisi di tiap-tiap daerah berbeda-beda. Ada daerah yang sudah masuk zona merah ada juga yang masih dalam zona kuning atau hijau.

“Untuk itu, marilah bersama-sama berusaha dan berdo’a supaya kedepan situasi dan kondosinya bisa membaik. Sementara hindari kerumunan orang, jaga kebersihan organ tubuh dan lingkungan kita masing masing. Mudahan wabah ini secepatnya bisa diatasi bersama-sama oleh masyarakat dan pemerintah,” harap Ahmad Kamal. 

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.