KTH Maju Bersama dapat bantuan alat pembuat asap cair

ASAP CAIR - KTH Maju Bersama sudah mulai memproduksi asap cair.(ist)

BANJARBARU, kalselpos.com – Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus bergerak untuk memberdayakan masyarakat yang tinggal disekitar hutan.

Di Desa Mandiangin Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, ada Kelompok Tani Hutan (KTH) yang diberi nama Maju Bersama mendapat bantuan alat pembuat asap cair dari Dishut Kalsel.

Bacaan Lainnya

Sejak 31 Maret 2020, KTH ini sudah mulai memproduksi asap cair. Karena Kadishut Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menegaskan, kelompok yang sudah dikasih bantuan alat untuk segera beroperasi. Jika tidak, alat akan ditarik dan dipindah ketempat lain.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

 

“Saat ini KTH Maju Bersama sudah beberapa bulan lalu mengoperasikan alatnya dan saat ini sudah menghasilkan asap cair,” ujar Khairullah, Koordinator penyuluh kehutanan Dishut.

Ia menerangkan, bahan baku yang digunakan adalah limbah kayu yang ada di sekitar gudang asap cair. Dan saat ini pemanfaatanya dalam skala kecil oleh petani sekitar sudah digunakan untuk pupuk organik, pestisida nabati dan penggumpalan karet.

“Untuk saat ini ketersediaan asap cair di KTH Maju Bersama sekitar 150 liter,” ujar Khairullah.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait