Menyedihkan, Kalsel bukan Daerah Prioritas Penanganan Corona

  • Whatsapp
Syaifullah Tamliha.(net)

JAKARTA, Kalselpos.com-Meskipun jumlah pasien covid -19 cukup tinggi yakni sebanyak 8 orang positif, namun hal tersebut tak serta merta Kalimantan Selatan masuk dalam daerah Prioritas Penanganan Penularan Wabah Virus Corona atau Covid-19.

Hal itu diketahui saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX Dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum lama tadi.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat tersebut Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan membahas penanganan dan pencegahan penularan virus corona atau Covid-19, dan ditetapkan 50 daerah yang mendapat prioritas penanganan.

BNPB sebagai Task Force atau gugus tugas utama dalam penanggulangan wabah virus corona ini tidak memasukan Kalsel sebagai daerah yang mendapat prioritas penanganan Covid-19.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Hal ini tentu saja sangat disesalkan Syaifullah Tamliha Anggota DPR RI asal Kalsel.

Syaifullah Tamliha menduga Pemprov Kalsel tidak mempraktikan penggunaan Rapid Test untuk screening bantuan pemerintah pusat.

Menurutnya, padahal alat tersebut telah diterima Dinkes Kalsel sebanyak 7 ribu pcs, dan diutamakan untuk memeriksa para dokter, perawat, ODP dan PDP.

Menurut politisi senior ini, Ia mendapat laporan dari para dokter yang menangani pasien positif corona, hingga mereka berstatus ODP, yakni mereka tidak menjalani Rapid Test untuk screening.

Diterangkannya, hal ini berbahaya, jika dokter dan perawat yang menangani sebelum dikirim ke RSUD Ulin tidak isolasi mandiri dan bisa menular ke pasien berikutnya.

“Saya sangat menyesalkan Pemprov Kalsel yang tidak mempraktikan Rapid Test untuk screening bantuan pemerintah pusat tersebut,” tegas Legislator DPR RI ini.

Syaifullah Tamliha mengungkapkan, sebelumnya pemerintah pusat telah mengapresiasi Kalsel dengan menetapkan sebagai laboratorium untuk penanganan Covid-19. Tetapi, dalam RDP Komisi IX dengan BNPB tidak menjadi daerah prioritas penanganan Covid-19.

 

Penulis : fmi/ kbk/jr/*

Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.