Waspada Corona, DBD malah meningkat

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dibalik merebaknya Virus Corona atau COVID-19, masyarakat Kota Banjarmasin diimbau agar jangan lengah dengan Demam Berdarah (DBD) sebab penyakit ini sedang cenderung mengalami peningkatan kasus.

Kepala Dinas kesehatan Machli Riyadi mengatakan, dari tanggal 13 Maret 2020, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin mencatat, ada 21 kasus DBD di Kota Banjarmasin sejak bulan Januari 2020.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat tidak hanya fokus terhadap virus corona namun juga memperhatikan terhadap wabah lain yakni demam berdarah,” ujar Machli Riyadi, Selasa (17/03) Kepada wartawan.

Machli Riyadi juga menjelaskan, meningkat dari bulan Januari 2020 yang hanya ada 8 pasien positif DBD, yang kini mencapai 21 orang didominasi anak anak berumur 6 tahun sampai 14 tahun.

“Dan kami mengingat saat ini sudah memasukki musim penghujan, yang juga bisa memberikan wabah penyakit terhadap masyarakat luas,” katanya.

Dari 21 pasien tersebut sudah mendapatkan perawatan secara intesif di rumah sakit, dan dirawat di Rumah sakit milik pemerintah kota Banjarmasin RSUD Sultan Suriansyah

“21 pasien DBD ini sebagian besar telah kembali sehat dan dipulangkan kerumah masing-masing,” terangnya.

Untuk itu, ia menghimbau terhadap masyarakat kota Baiman, agar juga memperhatikan kebersihan lingkungan, agar perkembang biakkan nyamuk aiedes agepty bisa ditanggulangi.

“Karena DBD juga sama berbahaya nya jika kita tidak melakukan pencegahannya,” tandasnya.

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

baca juga:

Download aplikasi versi android kami di Play Store Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait