Rp2,5 Miliar untuk menata Sungai Belasung

  • Whatsapp
DIBENAHI - Kondisi Sungai Belasung yang kurang bersih dan terlihat kumuh, akan dihilangkan dengan menata bangunan dan bagian siring yang dilengkapi sejumlah ornamen.

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin, akan Revitalisasi Sungai Belasung, di Jalan Pangeran Samudera, Banjarmasin Tengah, dengan anggaran Rp2,5 miliar.

Kepala Bidang Sungai PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony mengatakan, penataan sungai yang mengalir dari samping Katedral hingga belakang Balai Kota Banjarmasin itu, dibuat dengan membangun bantaran atau siring semenarik mungkin.

Bacaan Lainnya

“Revitalisasi Sungai Belasung dianggarkan Rp 2,5 miliar. Mudahan dua bulan ini bisa dikerjakan,” ujar Hizbul Wathony, Selasa (24/03), kepada wartawan.

Ia menjelaskan, bantaran Sungai Belasung itu akan dibentuk banyak macam variasi penampilan. Misalnya, penyiringan dengan ornamen jembatan kecil, gajebo, taman serta lampu hias.

“Dibangun sepanjang kurang lebih 400 meter.Dan nggaran itu telah merangkum kebutuhan pembebasan, menyusul selesainya pendataan rumah warga yang terdampak,” katanya.

Sedikitnya ada 20 rumah yang terpaksa dipangkas karena masuk pada area revitalisasi. Adapun revitalisasi itu steril dari bangunan dengan jarak sekitar 2 meter dari bibir sungai.

“20 rumah terpaksa dipangkas, karena terdampak area revitalisasi,” tuturnya.

Idealnya kata Thony, pengerjaan revitalisasi sungai ini dimulai saat memasuki musim kemarau, karena efektifnya Bidang Sungai bekerja diawal musim kemarau yang diperkirakan bulan Maret.

Sebelumnya pada tahun lalu, Dinas PUPR berhasil mengajak warga agar membongkar bangunan yang ada diatas sungai untuk dilakukan revitalisasi.

“Alhasil puluhan bangunan kini sudah dibongkar dan tinggal menunggu pengerjaan revitalisasi sungai tersebut,” tandasnya.

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

Pos terkait

Terimakasih sudah komen dengan bahasa santun, tidak dengan kalimat pertentangan suku agama dan ras.

4 Komentar