Relawan tak kenal lelah layani Jemaah Haul

  • Whatsapp
TES KESEHATAN - Jemaah haul tes kesehatan bersama relawan Balakar 545 Kapuas.(ist)

Selesai haul Syaikh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani yang biasa dipanggil Guru Sekumpul, ternyata kepedulian terhadap jamaah haul yang kembali atau pulang kampung masih terus berlanjut tanpa lelah.

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com -Suasana itu terlihat di bundaran besar icon kota Kuala KapuasPosko relawan Balakar 545 yang tak pernah sepi disinggahi para jamaah. Begitu juga diperbatasan Kalselteng jalan Trans Kalimantan KM 14 desa Anjir Serapat Timur terasa masih seperti di lokasi haul Sekumpul.

Muat Lebih

Dengan semaraknya posko bagi jemaah haul Guru Sekumpul ke 15 di Kecamatan Kapuas Timur tercatat 19 posko, belum lagi posko dari kecamatan lainnya, seperti posko desa Pulau Mambulau, kecamatan Bataguh yang khusus mengatur tikungan patah yang rawan laka.

“Kami tidak terlalu membagi kue atau makanan lain seperti posko lainnya, tapi yang jadi perhatian kami, persimpangan yang tajam ini, untuk menghindari laka dari padatnya alus kendaraan,” ucap Kades Alfian yang langsung ikut mengatur lalu lintas.

Puncak arus balik, Senin (02/03) dimana para jemaah haul dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah, bahkan Kalimantan Barat, mulai terlihat memadati arus masuk gerbang perbatasan. Sementara relawan posko persinggahan berkerja ekstra melayani dengan ikhlas ribuan jemaah baik roda 2 maupun roda 4.

Rombongan jemaah Kalimantan Barat, memasuki posko Balakar 545 Kapuas, jam 06.45 WIB. Dengan 3 mobil dan 1 bis. Itupun masih belum seluruhnya dari rombongan Kalbar.

Jainudin salah satu jamaah dari Pontianak mengatakan kehadirannya di haul Guru Sekumpul karena sering mendengar manakib Abah Guru Sekumpul di kampung tempat tinggalnya yang dibacakan oleh para lulusan Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

“Silsilah juriat dan karomah dari abah guru Sekumpul sudah tidak asing bagi kami di Ponti sana,” ujar Jainudin.

Banyaknya rombongan yang mampir membuat relawan sedikit kewalahan, tapi tidak merubah keramahan mereka dalam melayani jemaah haul. Walau dari jam 23.00 WIB relawan tak mengenal lelah, terus melayani jemaah haul yang datang untuk beristirahat.

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

baca juga berita haul guru sekumpul lainnya :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.