HSS Siap Tangani Pencegahan Corona

MEMBERIKAN ARAHAN- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, memberikan arahan dalam pencegahan virus corona.(Humas)

Mencegah terjadi penularan virus corona Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) telah menyiapkan tim satgas dan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSUD) Brigjen Haji Hasan Basry Kandangan.‎

KANDANGAN, Kalselpos.com- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS, dr Siti Zainab, Kamis (5/3) saat rakor, mengatakan kasus virus corona buka hal yang baru dilingkungan kesehatan, dan pencegahannya bisa dilakukan melalui prilaku hidup sehat dan bersih. “Prilaku hidup sehat ini sudah digaungkan sejak dulu,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, jika ada mencurigai kasus virus corona di Kabupaten HSS, ‎secara berjenjang akan ditangani mulai dari dokter, puskesmas hingga Rumah Sakit (RS). “Untuk penangan di RS sudah prosedur tetap dalam pengangan paseinnya,” ujarnya.

Direktur RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan, dr Rasyidah, mengatakan pihaknya sudah melakukan kesiap-siagaan dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan jika sesuatu terjadi di Kabupaten HSS.‎ “Kita sudah bentuk tim satgas jika terjadi baik AIDS dan corona,” ujarnya.

‎Menurutnya, untuk penangan kasus corona rujukan ke RS Pelaihari dan RS Ulin Banjarmasin. “Seandainya RS Brigjen H Hasan Basry Kandangan ditunjuk sebagai RS rujukan kita siap, karena petugas kesehatan dan ruang isolasi disiapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, ‎mengatakan untuk mencegah penularan virus corona, pihaknya akan memberikan imbau pola hidup sehat yang lebih simple kepada masyarakat. “Kita juga akan imbau masyarakat agar menghindari berbenturan dengan hewan yang terjangkit virus corona,” ujarnya.

Bupati berharap, melalui sosialisasi kepada masyarakat tidak ada kesimpangsiuran apa virus corona tersebut. “Sesuai dengan hasil pemaparan tim satgas RSUD Brigjen H Hasan Basry, pencegahan penularan virus corona bisa dilakukan melalui pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Untuk itu, mulai sekarang kita akan merubah pola hidup masyarat menjadi lebih sehat dan bersih, ‎sehingga terhindar atau tertular virus corona. “Gunakanlah masker dengan bijak sesuai perluan,” ujarnya.‎

Penulis : Sofan
Editor : Wandi‎
Penanggung Jawab : SA Lingga

Pos terkait