Haul 31 Mualim Syukur dihadiri Ribuan Jemaah

Haul 31 Mualim Syukur dihadiri Ribuan Jemaah (Ahmad Fauzie)

BANJARMASIN, Kalselpos.com -Peringatan haul ke-31 Mualim KH.Abdus Syukur bin H Jamaludin yang diselenggarakan di masjid Jami Jalan Teluk Tiram darat Banjarmasin, Minggu (22/03/2020) berjalan lancar,
kendati kegiatan di tengah merebaknya pemberitaan virus Corona namun sebagian jamaah sudah mengantisipasi terlebih dahulu.

Kegiatan yang diisi pembacaan maulid Habsyi dan tausiah dari KH Ahmad Zuhdiannoor atau yang akrab disapa guru Zuhdi ini, diikuti ribuan jamaah dari berbagai pelosok di Kalimantan Selatan.

Kendati kegiatan yang mengumpulkan ribuan massa ini diselenggarakan di tengah merebaknya isu COVID – 19 namun kebanyakan dari para jamaah merasa yakin tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena sebagian besar dari mereka sudah mengetahui cara mengantisipasi penularan dari virus Corona tersebut.

Salah seorang jamaah wanita Saniah mengatakan, dirinya cukup yakin di kegiatan ini tidak ada yang terjangkit virus Corona jadi tidak merasa khawatir. Kendati demikian dirinya selalu menggunakan alat pelindung diri seperti masker.

“Ya kita berdoa saja agar virus itu tidak menghinggapi sebelum berangkat ke sini kami sudah membawa masker dan hand sanitizer,” kata Saniah.

Senada dengan Dewi yang mengungkapkan meski harus datang ke acara yang melibatkan banyak orang dirinya selalu optimis tak terjangkit virus Covid-19, sebab dirinya telah mempersiapkan alat pelindung diri terlebih dahulu seperti masker dan hand sanitizer serta menerapkan Social Distancing atau menjaga jarak satu sama lain.

“Kekhawatiran tentu pasti ada namun karna niat dan tujuan baik,yakinlah Allah maha melindungi,dan kami juga menggunakan alat pelindung diri seperti masker hand sanitizer dan menerapkan Social Distancing,” ungkap Dewi.

Mualim Syukur yang dilahirkan di Kota Amuntai tahun 1901 ini merupakan tokoh ulama di Banjarmasin khususnya di Kampung Teluk Tiram. Nama beliau adalah Syekh Abdus Syukur Teluk Tiram atau yang lebih dikenal dengan Mualim Syukur Teluk Tiram.

Beliau seorang ulama yang pernah mengecap pendidikan agama di tanah haram kurang lebih 25 tahun. Selama itu beliau menuntut ilmu kepada banyak ulama di sana salah satunya Sayyid Muhammad Amin Al Quthubi atau salah satu guru dari Syekh Muhammad Syarwani Abdan Bangil dan Abah Guru Sekumpul.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggung Jawab : SA.Lingga

Pos terkait