Fawahisah: Lakukan evaluasi ketersediaan APD

H. Fawahisa Mahabatan, Anggota DPRD Tanbu, Ketua Fraksi PAN. (Kristiawan),kalselpos.com: Baca Berita Update Hari Ini, Berita Terbaru, Berita Terkini Banjarmasin Kalimantan Selatan

BATULICIN, Kalselpos.com – Anggota DPRD Tanah Bumbu (Tanbu), H. Fawahisah Mahabatan menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Tanbu agar melakukan evaluasi ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD), terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) di Tanbu.

“Langkah yang sudah dilakukan Satuan Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Covid 19 Tanbu sudah sangat bagus dengan menjaga pintu masuk ke wilayah Tanbu dengan mendirikan posko Covid 19 ditiap pintu masuk Tanbu, baik jalur darat, laut dan udara,” ucap Fawahisah yang juga Ketua Fraksi PAN ini Kepada Kalselpos, Sabtu (28/3).

Bacaan Lainnya

Namun erlu diingat, ungkap Fawahisah, bahwasanya pada penanganan pasien baik yang  berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) ataupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dalam penanganannya untuk 1 orang dibutuhkan 6 set APD sekali pakai.

“Alat tersebut seperti diurai dalam volumenya, 1 set baju pelindung coversli, 1 set masker N95, 1 set sarung tangan steril, 1 set kacamata google dan 1 set shoe cover dan 1 set sepatu booth.
Dari alat tersebut yang hanya bisa di pakai lebih dari 1 kali kacamata dan sepatu booth, lainnya hanya sekali pakai,” bebernya.

Meskipun, ujar Fawahisa, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Abdurrahman Noor di Tanbu bukan sebagai rumah sakit rujukan pasien Corona, namun langkah awal dalam antisipasi kasus pandemi di Tanbu tetap membutuhkan APD.

Terlebih ujarnya lagi, apabila ada temuan yang terjadi di Posko Covid 19 oleh Satgas Gugus Tanbu atau ada kasus ODP atau PDP, tentunya RSUD. dr. Andi Abdurahman Noor membutuhkan alat tersebut.

“Saya khawatir, ketersediaan APD itu minim di Tanbu. Untuk itu perlu kami ingatkan, agar pemerintah kabupaten Tanah Bumbu, dalam hal ini satuan dinas terkait dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19 lebih maksimal lagi,” pinta Ketua Fraksi PAN ini.

Diingatkannya, harga APD dalam satu set tidak murah dan langka barangnya. Apalagi APD itu hanya sekali pakai saja untuk 1 orang dalam penanganannya, terutama bagi pasien yang sudah berstatus PDP.

“Saya hanya mengingatkan, semuanya kembali kepada pemkab akan ketersediaan anggaran yang ada. Mari kita selesaikan bersama-sama pandemi Covid -19 di Tanbu,” pungkasnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

baca juga :

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait