Dipasangi Tapping Box, Pengusaha Waralaba mengeluh ke Bakeuda

Subhan nor yaumil

 

 Mengaku pendapatan atau omset penjualan menurun, pengusaha restoran ayam goreng Rocket Chiken mengeluh ke Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Banjarmasin, Rabu (11/3). Menolak pemasangan tapping box atau alat monitoring atau pencatat transaksi.

Bacaan Lainnya

BANJARMASIN, Kalselpos.com –Menurut seorang perwakilannya, Manajer Regional Rocket Chiken Kalimantan, Bagus Irawan mengungkapkan, sejak dilakukan pemasangan tapping box, pendapatan usaha mereka sangat menurun. Bahkan sejak bulan Januari kemarin, penurunan itu mencapai hampir 18 % dan 12% di bulan Februari.
“Kami meminta solusi kepada pemerintah, agar kondisi ini tidak terus terjadi. Termasuk bila harus dilakukannya pemasangan tapping box, maka bisa merata di tempat yang lain,” ungkapnya.
Dikatakannya, sejak awal pihak Rocket Chiken sudah melakukan pemasangan. Tetapi dampaknya sangat besar, dengan menurunnya pendapatan itu. “Kami tidak menyalahkan aturan itu, tetapi ingin ada solusi,” jelasnya.
Saat ini bebernya, jumlah outlet di kota itu mencapai hampir 40 buah, yang barung terpasang Tapping box tersebut hanya 21 outlet. Namun penurunan pendapatan sudah sangat dirasakan.
“Sedianya dibuatkan Perda terkait pemasangan tapping box itu. Jika belum ada aturannya, maka jangan diaktifkan dulu,” katanya.
Kepala Bakeuda Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil menegaskan, akan segera menindaklanjuti keluhan itu dan berkoordinasi dengan pihak DPRD terkait peraturan daerah.
Saat ini jelasnya, dalam peraturan pajak daerah untuk usaha atau UMKM yang mendapatkan omset Rp5 Juta akan dikenakan pajak sebesar 3 persen. Sedangkan omset Rp5 juta ke atas pajaknya 5 persen. Untuk penghasilan Rp10 juta dikenakan pajak 10 persen, termasuk untuk Rocket Chicken.
“Rocket Chicken memang salahsatu penyumbang pajak terbesar. Dari semua gerai, pajaknya hampir Rp300 juta dalam sebulan,” bebernya.
Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

baca juga berita lainnya:

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait