Forkopimda Tanbu sepakat usulkan “lockdown” Pelabuhan dan Bandara

  • Whatsapp
PELABUHAN SAMUDERA - Tim gabungan Posko 4 Covid-19 Tanbu bersiap akan melakukan pengecekan suhu tubuh para penumpang KM. Willis yang baru tiba dari Makassar, di Pelabuhan Samudera Batulicin, Sabtu (28/3) pukul 20.00 Wita.(Kristiawan),kalselpos.com: Baca Berita Update Hari Ini, Berita Terbaru, Berita Terkini Banjarmasin Kalimantan Selatan

kalselpos.com: Baca Berita Update Hari Ini, Berita Terbaru, Berita Terkini Banjarmasin Kalimantan Selatan

BATULICIN, Kalselpos.com – Tim gabungan dari Posko 4 Covid-19 Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan pengecekan suhu tubuh para penumpang KM. Willis yang baru tiba dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), di Pelabuhan Samudera Batulicin pada hari Sabtu (28/3) pukul 16.00 Wita hingga malam hari

Bacaan Lainnya

Disampaikan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Tanbu, H Rooswandi Salem dari hasil pengecekan itu ditemukan 18 penumpang dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celcius.

PELABUHAN SAMUDERA –
Tim gabungan Posko 4 Covid-19 Tanbu bersiap akan melakukan pengecekan suhu tubuh para penumpang KM. Willis yang baru tiba dari Makassar, di Pelabuhan Samudera Batulicin, Sabtu (28/3) pukul 20.00 Wita.(Kristiawan)

kalselpos.com: Baca Berita Update Hari Ini, Berita Terbaru, Berita Terkini Banjarmasin Kalimantan Selatan

Kemudian penumpang tersebut di isolasi sementara di terminal penumpang pelabuhan Batulicin agar diperiksa lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan rapid tes terhadap 18 penumpang tersebut semuanya negatif dari Covid-19,” terang Ketua Gugus Tugas Covid 19 Tanbu saat itu.

 

Saat pemeriksaan suhu badan penumpang kapal tersebut, turut menyaksikan,
Ketua DPRD, Kapolres Tanbu, Dandim 1022 TNB, Danlanal Tanbu,
KSOP, Kadinkes, Kasatpol,
Kepala RSUD, Kabag Ops Polres Tanbu, Kasat Sabhara Polres Tanbu, Kasat Intel Polres Tanbu,
Kapolsek Simpang Empat,
Personil gabungan Polres Tanbu, Polsubsektor KPLS, Kodim 1022, TNI AL, dinas kesehatan, KKP Pelabuhan, Dishub, Satpol PP.

“Memang kita seharusnya sudah melakukan lockdown transportasi jalur laut maupun udara yang masuk ke Batulicin, dengan kondisi seperti ini tentunya kita akan kelelahan, selain memang kita kekurangan petugas jika setiap hari datang penumpang dari area zona merah, tentunya ini sangat beresiko tinggi bagi Tanah Bumbu,” ujarnya.

Namun dari hasil koordinasi dengan pihak provinsi, aku Rooswandi, belum bisa dilakukan, sebab hal tersebut, menurut info Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) kewenangan untuk menutup pelabuhan merupakan wewenang Menteri Perhubungan begitu juga dengan bandara.

Kendati demikian, beber Rooswandi, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Tanbu, sepakat akan mengusulkan penutupan sementara jalur laut dan udara ke tingkat lebih tinggi lagi.

kalselpos.com: Baca Berita Update Hari Ini, Berita Terbaru, Berita Terkini Banjarmasin Kalimantan Selatan

“Mengingat, hal itu sangat beresiko bagi kita, karena pendatang yang datang ke Tanbu berasal dari zona merah Covid 19,” ungkap Rooswandi salem yang juga Sekda Kabupaten Tanbu.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

baca juga :

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

kalselpos.com: Baca Berita Update Hari Ini, Berita Terbaru, Berita Terkini Banjarmasin Kalimantan Selatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.