UPDATE COVID – 19 : Kotabaru tetapkan Status Tanggap Darurat penyebaran Covid-19

Rapat koordinasi terkait penetapan status masa tanggap darurat dalam mengantisipasi penyebaran Virus Carona atau Covid-19, di Operation Room Sekda, Senin (23/3) kemarin.UPDATE BERITA TERBARU BERITA TERKINI

UPDATE
BERITA TERBARU
BERITA TERKINI

KOTABARU, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru mengadakan rapat koordinasi terkait penetapan status masa tanggap darurat dalam mengantisipasi penyebaran Virus Carona atau Covid-19 yang bertempat di Operation Room Sekda, Senin (23/3) kemarin.

Bacaan Lainnya

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru Drs H Said Akhmad, MM yang dihadiri oleh Forkopimda, Ketua DPRD Kotabaru, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Tokoh Agama serta tamu undangan yang hadir.

Usai mengikuti rapat ini Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad di depan sejumlah awak media mengatakan bahwa, rapat koordinasi antara pihak Pemerintah Daerah dengan Forkopimda beserta pihak lain untuk menetapkan status masa tanggap darurat untuk Kabupaten Kotabaru.

Lebih jauh dibeberkannya, rapat ini juga menyepakati dan menyimpulkan serta akan membentuk gugus tugas tanggap darurat dalam mengantisipasi penyebaran virus carona atau covid-19 yang sudah menyebar di wilayah Indonesia.

UPDATE
BERITA TERBARU
BERITA TERKINI

Disinggung terhadap dunia pendidikan di Kotabaru Sekda juga menjelaskan, apa yang sudah di simpulkan dalam rapat tadi tentunya langkah-langkah yang di ambil akan meliburkan proses belajar mengajar anak-anak sekolah serta guru-gurunya dari tanggal 24 Maret sampai 5 April 2020.

“Dirapat ini juga diputuskan akan menutup semua tempat hiburan seperti karaoke dan yang lain dan untuk destinasi wisata juga akan di tutup kecuali Siring Laut disini juga menyiapkan tempat isolasi yang bertempat nantinya di Rusunawa dan menyediakan sarana pendeteksi awal,  menyiapkan fasilitas bagi tenaga medis,  serta mensosialisasikan bahaya covid-19 melalui media online, baleho dan Radio,” jelas Sekda H Said Akhmad.

Selain itu lanjut Sekda, akan menunda kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti rapat, peringatan hari besar keagamaan serta pengajian sedangkan untuk shalat berjamaah, kebaktian/misa dapat dilaksanakan tetapi pengurus tempat ibadah harus menyiapkan antiseptik dan alat penyemprot disenfektan serta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

“Ini merupakan kesimpulan kita bersama dalam mencegah covid-19,”ucap Sekda.

Sekda juga menjelaskan untuk keamanan sendiri kita serahkan pada pihak Polres, Kodim 1004, Lanal Kotabaru beserta Satpol PP akan melakukan patroli bersama untuk menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah dan akan melakukan tindakan hukum bagi yang melakukan penimbunan bahan pokok makanan dan alat kesehatan yang dibutuhkan pada saat tanggap darurat ini.

“Tanggap darurat ini menyesuaikan dengan instruksi pemerintah pusat,” jelasnya kemudian.

“Mengenai anggaran kesehatan saat ini sudah ada inpres no 4 tahun 2020 untuk merevisi anggaran yang sudah ditetapkan untuk menambah anggaran kesehatan pencegahan covid-19,” tandasnya.

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

baca juga:

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

UPDATE
BERITA TERBARU
BERITA TERKINI

Pos terkait