Jabar akan Gelar Tes Covid 19 Massal

Gubernur Jawa Barat Riduan Kamil.(ist)

BANDUNG, kalselpos.com – Pemerintah Jawa Barat akan menggelar tes cepat Covid-19 secara massal untuk warga Bogor, Depok, dan Bandung.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Disampaikannya, pelaksanaan tes rencanannya akan digelar pada Rabu 25 Maret 2020.

Menurut Emil, pelaksanaan tes akan menggunakan konsep drive thru untuk menghindari kerumunan saat pelaksanaan tes.

“Lokasinya di stadion ada tiga jalur masuk, jadi dia datang dites di sebuah tenda ambil sampel darahnya lalu masuk ke area tunggu tanpa harus turun dari kendaraan. Bagi yang tidak punya kendaraan, ketua RW dan Lurah wajib menyediakan kendaraan,” ujarnya.

Diungkapkannya, di Jabar ada tiga zona yang ditetapkan untuk pemeriksaan massal. Stadion Patriot Chandrabhaga untuk warga Kota, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang. Stadion Pakansari untuk warga Kota Kabupaten Bogor dan Kota Depok. Sisanya, di Stadion Jalak Harupat untuk daerah lainnya, karena statistiknya mengecil,” ujarnya.

Diutarakannya, apabila dalam tes itu negatif silakan pulang, tapi kalau positif makan akan di tes lagi oleh metode PCR, kalau betul-betul positif tim akan membawanya ke rumah sakit.

Adapun kriteria warga yang dites pada tahap satu adalah semua pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Kemudian, 50 orang terdekat yang sempat melakukan kontak fisik dengan PDP dan ODP akan dites, termasuk warga yang berkontak fisik dengan pasien positif Covid-19.

Penulis:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

baca juga:

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait