123 orang berstatus ODP virus Corona

RAKOR - Kadiskes Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim pada Rakor upaya pencegahan covid 19 di Gedung Idham Chalid, Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Jumat (20/3/2020).(ist)

BANJARBARU, kalselpos.com – Sampai hari Jumat 20 Maret 2020, sebanyak 123 orang se Kalimantan Selatan (Kalsel) berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona Coved 19.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim kepada wartawan usai rapat koordinasi (Rakor) upaya pencegahan dan penanganan covid 19 yang diikuti seluruh Sekda, Kepala Dinas Kesehatan se Kalsel, bertempat di Gedung Idham Chalid, Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Jumat (20/3/2020).

Bacaan Lainnya

“Orang dalam pemantauan cukup diawasi di rumah. Kecuali yang sakit dilayani di rumah sakit. Tapi bukan di rumah sakit rujukan, cukup di fasilitas kesehatan terdekat,” ujarnya.

Muslim mengatakan, sampai hari Jumat, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya masih 5 orang yang yang dirawat di RSUD Ulin dengan kondisi yang semakin membaik. Sedangkan untuk status, Kalsel masih berstatus Siaga Darurat.

“Kondisi pasien terus dipantau dan pihak rumah sakit selalu melaporkan kondisi pasien minimal setiap 6 jam sekali,” jelasnya.

Untuk 5 PDP tersebut, papar Muslim, belum diketahui apakah positif Corona atau tidak karena hasil uji laboratorium belum diterima, sehingga pasien masih menjani perawatan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Untuk mempercepat hasil pemeriksaan laboratorium, jelas Muslim, sesuai SK Menteri Kesehatan maka laboratorium Banjarbaru ditunjuk sebagai laboratorium rujukan.

Muslim menjelaskan, pemerintah provinsi kini sudah menyiapkan rumah sakit rujukan tambahan  jika terjadi peningkatan status. “Kita sudah siapkan RS Anshari saleh sebagai rujukan dan menambah ruang isolasi di RSUD Ulin sehingga jumlahnya 40 ruang isolasi,” ungkapnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

baca juga:

 

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait