Rusunawa baru seharga 10 M ‘tak berpenghuni’

‘TAK BERPENGHUNI’ - Rusunawa di Teluk Kelayan, Banjarmasin Selatan, yang hingga kini kesulitan mencari penghuni, lantaran hingga sekarang hanya dihuni sekitar 10 KK (*).

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang baru selesai dibangun di Kota Banjarmasin, tepatnya di Teluk Kelayan, Banjarmasin Selatan, hingga kesulitan mencari penghuni, sebab hingga sekarang hanya dihuni sekitar 10 kepala keluarga (KK).

 

Bacaan Lainnya

“Tidak tahu juga, kenapa tidak banyak yang berminat,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Kumuh Kota Banjarmasin, A Fanani Syaifuddin, Senin (9/3) lalu.

Baca juga :

Tabrak Truk, 2 Gadis Pelajar Tewas
Sekolah Diliburkan Selama Banjir
Speedboat Paspampres Tabrakan di Sebangau


Menurut dia, kapasitas Rusunawa yang selesai dibangun pada 2019 tersebut dari bantuan pemerintah pusat tersebut dapat menampung 50 KK. Namun, hingga kini tidak banyak KK yang mengajukan diri untuk menghuninya, padahal sudah sangat terbuka.

Di mana, ungkap A Fanani, syarat untuk mendapatkan hunian di Rusunawa tersebut tidaklah sulit, hanya tunjukkan KTP, memang belum memiliki rumah dan sudah berkeluarga. “Kita kan tidak bisa memaksa orang, mungkin itu saja jawabannya,” jelasnya.
Sebagai diketahui, Kota Banjarmasin memiliki beberapa Rusunawa, yakni, dua Rusunawa di Basirih Banjarmasin, dan terbaru Rusunawa di Teluk Kelayan yang berdekatan dengan bantaran sungai Martapura.

 

Baca juga :

Warga resah, Buaya sering Muncul
8 Kecamatan di HSU Terendam
Kapal Wartawan Terbalik di Labuan Bajo


Untuk Rusunawa di Teluk Kelayan yang bernilai miliaran rupiah, ini pemerintah kota yang sudah mendapatkan penyerahan pengelolaannya dari pemerintah pusat, menyediakan pula bagi penghuni disabilitas.

Sekedar mengingatkan, sebelum resmi dihibahkan oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Kota Banjarmasin, Rusunawa baru tipe 36 yang berlokasi di kawasan Teluk Kelayan, Banjarmasin Selatan itu,bernilai di atas Rp10 miliar.

 

 

 

Penulis : */gin

Editor : Lingga

Penanggungjawab : SA Lingga

Pos terkait