Rumah Sakit Kotabaru belum miliki peralatan lengkap. Ini kata Komisi III DPRD !!!

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Kotabaru dari Komisi III yakni, Gewsima Mega Putra, melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di lingkungan rumah sakit Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru, utamanya berkenaan dengan ketersediaan alat kesehatan (Alkes).

KOTABARU, Kalselpos.com – Dari hasil sidak yang dilakukan olehnya, alhasil rumah sakit Kotabaru ternyata belum memiliki peralatan lengkap sehingga akan berdampak pada pelayan kesehatan bagi masyarakat pada umumnya, dan itu menjadi perhatian besar oleh jajaran anggota DPRD Komisi III tersebut.

Bacaan Lainnya

“Setelah kita melihat langsung kondisi rumah sakit kita, ada beberapa peralatan penunjang kesehatan yang belum kita miliki dan itu menjadi perhatian kami di Komisi III,” tutur Gewsima kepada kalselpos.com, Selasa (10/3).

Sebagian peralatan di ruang IGD rumah sakit Pangeran Jaya Sumitra
Sidak ke ruang IGD

Dikatakannya lebih jauh, yang namanya kesehatan itu menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, dan ia melihat sendiri kondisi di area rumah sakit ada ruang baru selesai di bangun namun ternyata tidak memiliki peralatan kesehatan. Kemudian pada ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang hanya memiliki 1 alat kesehatan.

“Harusnya rumah sakit kita bisa memiliki peralatan sebagaimana yang diharapkan. Selain itu juga setelah kita melihat pada ruang radiologi dan disana juga dari keterangan dokternya banyak peralatan kesehatan yang seharusnya wajib di miliki oleh rumah sakit. Jangan sampai nantinya kita merujuk pasien ke Banjarmasin akan tetapi kita justru tidak mengetahui sakitnya apa,” jelasnya kemudian.

Menjadi harapannya, pihak rumah sakit segera mendata dan mengakomodir peralatan apa saja yang diperlukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan pihaknya juga berupaya untuk bisa membantu.

“Melihat ini, Senin depan akan kami agendakan untuk segera mengadakan pertemuan dengan pihak rumah sakit guna membahas permasalahan kurangnya Alkes yang ada,” tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi Penunjang Medis pada rumah sakit Pangeran Jaya Sumitra, dr Gusti Adhi Affandi menjelaskan bahwa, memang diakui olehnya pada beberapa peralatan penunjang medis belum sepenuhnya di miliki, seperti halnya ruangan baru selesai di bangun di peruntukkan untuk IGD kebidanan dan peralatannya masih kurang.

“Untuk ruang IGD kebidanan harus ada memiliki alat minimal 1 inkubator, alat penolong persalinan dan peralatan lainnya. Kami hanya terkendala pada keterbatasan anggaran, seandainya ada anggarannya maka tentu akan membeli peralatan apa saja yang di perlukan,” katanya.

Untuk ruang radiologi sendiri, lanjutnya, rumah sakit Pangeran Jaya Sumitra masih kekurangan alat ronsen untuk dapat mendeteksi kanker payudara dan itu dinilai sangat diperlukan. “Dengan kunjungan salah satu anggota DPRD Kotabaru dari Komisi III, kami sangat apresiasi dan diharapkan nantinya dapat membantu keperluan peralatan yang ada di rumah sakit kita untuk pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

———

baca juga berita lainnya:

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait