Ratusan jamaah hadiri Peringatan Haul Guru Sekumpul

PERINGATAN HAUL - Ratusan warga, ulama dan habaib, menghadiri haulan Guru Sekumpul, di Jalan Bima Desa Baharu Utara, Komplek SMA Garuda, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan  Nasional

KOTABARU, Kalselpos.com – Ratusan warga tadi malam (6/3) usai salat Isya menghadiri haulan abah Guru Sekumpul yang bertempat di Jalan Bima Desa Baharu Utara, Komplek SMA Garuda, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. Haulan tersebut juga di hadiri oleh para ulama dan habaib serta rombongan dari Sekumpul yang berlangsung khidmat dan penuh keberkahan, gerimis hujan yang sempat mengiringi jalannya haul sama sekali tidak menyurutkan masyarakat yang terus berdatangan kelokasi acara. Kegiatan di awali dengan pembacaan maulid Al – Habsy yang langsung di pimpin oleh Guru Noor Arifin atau yang akrab di sapa dengan panggilan Guru Ifin kemudian disambung dengan dzikir dan rangkaian lainnya.

Bacaan Lainnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan  Nasional

 

“Sungguh bukan main kalau melihat jamaah yang datang ke acara haul ini, apalagi kalau kita hadir di Sekumpul tentunya akan melihat jutaan umat muslim,” ucap Rahman, kepada Kalselpos.com, salah satu jamaah yang hadir pada acara haulan tersebut.

Sebagai informasi, acara haulan seperti ini di Kabupaten Kotabaru sendiri dilaksanakan di banyak tempat dan itu merupakan wujud kecintaan terhadap Abah Guru Sekumpul.

Usai acara, Guru Ifin mengatakan bahwa, ia dan masyarakat khususnya di RT 4 Desa Baharu Utara sudah melaksanakan acara haulan ini sejak kepergiaan 100 hari Abah Guru Sekumpul hingga sekarang tahun 2020 atau haul yang ke 15.

“Itu sudah menjadi niat kami disini untuk melaksanakan haul sejak 100 hari kepergian Guru Sekumpul, yang biasanya 1 minggu setelah pelaksanaan di Sekumpul baru kami melaksanakannya disini,” tutur Guru Ifin.

Dikatakannya lebih jauh, pesan yang selalu melekat didalam ingatan Guru Ifin adalah ketika Abah Guru Sekumpul mengatakan untuk selalu menjaga hati dan mulut dan ia merasa masih terdengar di telinganya.

“Sungguh bukan main Abah Guru Sekumpul ini, kalau kita bicara sosok beliau tentunya waktunya tidak sebentar, karena kita tidak pernah bosan mendengar perjalanan Abah Guru Sekumpul hingga sekarang, pesan beliau kepada saya adalah untuk selalu menjaga hati dan mulut,” tambahnya.

Selain itu, ia juga berharap kepada seluruh masyarakat agar semakin meningkatkan jalinan silaturahmi degan baik dan khususnya kepada generasi muda agar bisa semakin mengenal sosok Abah Guru Sekumpul hingga akhirnya mencintai beliau.

“Pengalaman yang tidak terlupakan bersama Abah Guru Sekumpul sangat banyak, namun ada satu hal yang saya ingat pada tahun 1975 waktu itu Abah Guru Sekumpul mau melangsungkan pernikanan dan kebetulan saya hadir ikut mengantarkan beliau,” jelasnya pula.

H Ahmad Nawi yang membawa rombongan dari Sekumpul untuk berhadir pada haulan tersebut mengatakan, ia sudah pernah mengikuti acara haulan ulama-ulama besar di berbagai daerah di Indonesia bahkan di beberapa negara. Akan tetapi, haulan sekumpul yang paling banyak jamaahnya berdatangan dan itu sungguh luar biasa.

“Haulan Abah Guru Sekumpul adalah yang terbesar di dunia dan itu bisa di buktikan dan saya melihatnya sendiri, dan dengan kegiatan ini diharapkan silaturahmi kita akan semakin erat dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai umat muslim,” imbuhnya.

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

baca juga berita lainnya:

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan  Nasional

1 Komentar