Sekda hadiri Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Layanan Aplikasi Lapor

 Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru dalam hal ini Sekretaris Daerah Kotabaru Drs H Said Akhmad MM, menandatangani komitmen pelaksanaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

KOTABARU, Kalselpos.com -Penandatangan komitmen ini bertempat di Operation Room Sekda, Senin (2/3) kemarin yang dihadiri oleh Perwakilan Ombudsman, Perwakilan Komoniksi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalimantan Selatan, Assisten I, II, dan III, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta Camat Se Kabupaten Kotabaru.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad menyampaikan bahwa, layanan LAPOR ini merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis teknologi informasi dengan prinsip mudah terpadu dan tuntas dengan tujuan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah serta sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat dalam menyampaikan segala permasalahan yang ada.

Dijelaskannya lebih jauh lagi, sistem pemerintahan tidak akan berjalan secara optimal tanpa didukung oleh partisipasi aktif oleh elemen masyarakat.

“Maka dari itu kinerja kita harus lebih bagus dan mampu mengimbangi kemajuan teknologi informasi untuk menyikapi pengaduan dari masyarakat dan semakin cepat menanggapi sesuai sasaran,” ucap Sekda.

“Semoga dengan pelaksanaan LAPOR ini dapat mengelola pengaduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinir serta memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Kotabaru,” jelasnya.

Senada dengan itu perwakilan Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan Jajang Markoni menjelaskan, terkait pelaksanaan LAPOR terhitung November 2019 Kabupaten Kotabaru sudah memenuhi empat variabel yaitu peraturan tersedian selalu login, menanggapi laporan serta kualitas layanan pengaduan sudah cukup baik.

“Kami dari Provinsi akan terus mendorong agar Kabupaten Kotabaru dapat masuk dalam 25 besar tingkat Nasional,” ungkap Jajang.

Sedangkan perwakilan Ombudsman Maulana Achmadi juga menambahkan bahwa, selama ini pihaknya selalu memantau bagaimana implementasi LAPOR dijalankan oleh pemerintah daerah termasuk di Kotabaru.

“LAPOR ini sitem pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, apabila tidak ditindak lanjuti oleh Pemerintah Daerah maka masyarakat bisa melanjutkan laporannya ke Ombudsman,” imbuhnya.

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pos terkait