XL Axiata bantu korban banjir di Tanjung

SALURKAN BANTUAN - PT XL Axiata menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada korban banjir di Tanjung Tabalong.(ist)

BANJARMASIN, kalselpos.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada korban bencana banjir di Tanjung Tabalong, tepatnya Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong. Bantuan tersebut disalurkan secara langsung oleh tim XL Axiata pada akhir pekan lalu.

Di Kabupaten Tabalong, setidaknya 15 desa/kelurahan di 4 kecamatan terendam banjir sejak beberapa hari terakhir. Sedikitnya 1.500 terendam banjir.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Kalimantan Selatan, pihaknya turut prihatin atas bencana banjir di Tanjung Tabalong.

“Bantuan telah kami salurkan segera untuk meringankan beban warga yang menjadi korban. Selain itu, kami memastikan layanan XL Axiata di beberapa titik terdampak banjir tersebut tetap beroperasi,” ujar Sofia kepada Kalsel Pos, Selasa (11/2/2020).

Disampaikannya, tim XL Axiata akan terus bersiaga baik dari sisi kesiapan jaringan maupun bantuan darurat lainnya untuk mengantisipasi dampak berkelanjutan dari perubahan cuaca.

Bantuan tanggap darurat dari XL Axiata berupa bahan makanan, obat-obatan, dan air bersih. Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan proses distribusinya sampai ke warga yang membutuhkan.

Selain memastikan terpenuhinya pasokan bantuan tanggap darurat, papar Sofia,  XL Axiata akan terus memantau kondisi perangkat dan jaringan di area terdampak banjir  agar dapat terus beroperasi di situasi darurat bencana saat ini.

“Hingga saat ini layanan dan perangkat XL Axiata di Kecamatan Tanjung Tabalong dan sekitarnya telah beroperasi secara normal setelah sebelumnya sempat mengalami kendala dari sisi pasokan listrik,” jelasnya.

Agar jaringan terus beroperasi dengan normal, XL Axiata telah menempatkan beberapa petugas untuk terus berjaga selama masa rawan bencana banjir. Selain itu, tim teknis telah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan apabila terjadi kondisi darurat seperti genset dan bahan bakar tambahan untuk keperluan infrastruktur BTS.

Kesiapan yang sama juga tim teknis XL Axiata laksanakan di seluruh wilayah Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah guna mengantisipasi cuaca buruk yang melanda kedua provinsi. Tim XL Axiata juga melakukan pemantauan atas kondisi masyarakat di daerah-daerah rawan bencana, baik banjir maupun tanah longsor, guna menyiapkan bantuan darurat jika memang diperlukan sewaktu-waktu.

“Manajemen XL Axiata juga memberikan perhatian lebih pada penanganan bencana, bahkan juga telah menjalin kerjasama dengan aparat terkait, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) di sejumlah daerah,” tutup Sofia Purbayanti.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait