Sendratasik Nyai Undang akan meriahkan HUT Kapuas ke 69 

H Suparman, Kadisbudpora Kapuas.(ist)

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Dalam rangka  memeriahkan HUT  Kabupaten Kapuas ke 69 dan kota Kuala Kapuas ke 214, dengan diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) kabupaten Kapuas dan Dinas Budaya Pemuda dan Olah Raga ( Disbudpora) kabupaten Kapuas, mengadakan pagelaran seni drama tari dan musik (Sendratasik) dengan tema legenda Nyai Undang.

Baca juga=Dinsos Kapuas gelar Perayaan HUT TKSK

Kepala Disbudpora Kapuas, H Suparman menjelaskan, kenapa mengangkat cerita legenda Nyai Undang, karena dia adalah tokoh wanita yang pernah memimpin kejayaan suku dayak masa itu.

“Dasar inilah yang melatar belakangi kita mengangkat kedalam Sendratasik Legenda Nyai Undang ini,” tutur Suparman.

Darwandi, anggota DPRD Kapuas.(ist)

Diharapkannya, kegiatan sendratasik ini nantinya bisa memberikan gambaran kepada generasi muda khususnya di Kapuas dan umumnya di Kalteng
bahwa di daerah mereka legenda besar yakni kejayaan suku Dayak yang dipimpin seorang wanita.

“Kegiatan Sendratasik ini memadukan  41 sanggar tari yang ada di kabupaten Kapuas yang berkolaborasi untuk mensukseskan pementasan ini. Dan akan dipentaskan secara kolosal di GOR Panunjung Tarung Jalan Maluku Kuala Kapuas,” beber Suparman.

Sementara Darwandi, anggota DPRD Kapuas, yang juga Ketua Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kapuas,  menyambut baik adanya Sendratasik Nyai Undang ini.

LATIHAN – Proses latihan Sendratasik legenda Nyai Undang yang tergabung dalam beberapa sanggar di Kapuas.(ist)

Menurutnya merupakan sarana pembelajaran tentang sejarah yang dipadu dalam seni drama, tari, suara dan musik.

“Yang penting segala upaya untuk memajukan seni, kita selalu dukung demi menjaga kelestarian budaya kita,” ucap Darwandi.

Baca juga=Dinsos Kapuas gelar Perayaan HUT TKSK

Ketua Fraksi PPP ini juga berharap, semoga sarana dan prasarana untuk seni seperti fasilitas sanggar dan lainnya, juga diperhatikan karena nilai seni ini adalah kearifan lokal daerah.

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait