Ponpes Darul Hijrah miliki IPAL Domestik

oleh -105 views
PERESMIAN IPAL - Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar bersama pimpinan Ponpes Darul Hijrah, KH Zarkasi Hasby saat peremsian IPAL. (ist)

MARTAPURA, kalselpos.com –  Diawal peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) sudah katakan, bahwa acara ini akan banyak membawa berkah manfaat bagi warga banua.

Salah satunya adalah keberadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik, Biodigester dan sarana MCK di Pondok Pesantren Darul Hijrah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Baca juga=Ponpes Darul Hijrah Puteri Tegaskan, Tidak Ada Santrinya yang Terkena Hepatitis

Perangkat di atas adalah proyek percontohan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk upaya pengelolaan lingkungan terutama dari limbah domestik, limbah industri kecil dan limbah peternakan di Indonesia.

Dari hasil pendampingan KLHK, pembangunan IPAL domestik di pesantren ini mampu mengolah air limbah sebesar 80 m3 perhari dan menurunkan beban pencemar BOD sekitar 90% atau setara dengan 10,51 ton pertahun.

Manfaat lain yang diperoleh dari pembangunan IPAL ini adalah ketersediaan biogas sebagai sumber energi yang dapat dimanfaatkan oleh dapur pesantren sebesar 4.380 m3 biogas pertahun atau setara 2.014 kg LPG pertahun dengan nilai ekonomi sebesar Rp 25.185.000 pertahun.

“Saya telah minta Dirjen agar segera membentuk Kebun Bibit Rakyat (KBR) di pesantren ini. Akan ada pengetahuan teknis untuk para santri. Selanjutnya saya minta tolong santri nantinya menularkan semangat cinta lingkungan ke masyarakat sekitar,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc saat meresmikan proyek di atas, Minggu (9/2/2020) di Ponpes Darul Hijrah Martapura.

“Selain itu juga harus ada pendidikan mengenai pengetahuan pengolahan sampah dan limbah, agar bisa bernilai ekonomi,” tambah Siti Nurbaya.

Terkait bantuan pembangunan unit MCK, setelah 20 unit, tahun ini KLHK akan tambah 20 unit lagi. “Karena pesantren ini dekat sungai, maka akan kami dampingi juga untuk membuat ekoriparian. Jadi selain menjaga lingkungan, nanti bisa berwisata di dekat sungai,” tandas Siti Nurbaya.

Baca juga=Ponpes Darul Hijrah Puteri Tegaskan, Tidak Ada Santrinya yang Terkena Hepatitis

Peresmian dihadiri oleh jajaran pimpinan tinggi KLHK, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Dr Hanif Faisol Nurofiq, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK di Kalimantan Selatan dan para pengasuh serta santri di Ponpes Darul Hijrah Martapura.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com