Pembangunan HSS Satu-kesatuan dengan Pusat dan Provinsi

  • Whatsapp
MENYERAHKAN BANTUAN-Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, menyerahkan bantuan bagi warga miskin.(Humas)

KANDANGAN, Kalselpos.com– Pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi satu-kesatuan dengan Pemerintan Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Nasional.

Baca juga=Bupati Resmikan Bangunan Baru di RS Hasan Basry Kandangan

“Karena menjadi satu-kesatuan, maka pembangunan yang dilksanakan diselaraskan dengan pemerintah pusat dan provinsi,” ujar Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 tingkat Kecamatan Padang Batung sebagai kecamatan yang terakhir melaksanakan Musrenbang, Kamis (12/2).

WAWACARA- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, saat wawancara tentang keselarasan pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.(Humas)

Dikatakan Fikry, kalau Jokowi ‎programnya Indonesia maju dengan lima prioritas, diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, perekonomian, dan Kalsel visinya mapan, yakni maju terdepan, sementara HSS cerdas, inovatif, teknologi dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia akhirat.

Menurut Fikry, berdasarkan hasil rapat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomenklaturnya sudah sama, dari perintah pusat, provinsi dan kabupaten. “Sesuai dengan nomenklatur tersebut, pembangunan harus selaras dari perintah pusat, provinsi dan kabupaten,” ujarnya.

MEMBERIKAN ARAHAN- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, memberikan arahan dalam musrenbang kecamatan Padang Batung.(Humas)

Yang lebih penting, kata Fikry, harus disadari bahwa dana untuk membangun Kabupaten HSS lebih banyak dana stransper dari pemerintah pusat. “Jadi dalam melaksanakan pembangunan harus satu link dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

Namun, dalam melaksanakan pembangunan di 11 Kecamatan ada kearifan lokal yang dimunculkan, bagaiman meningkatkan pendapat sesuai dengan potensi masing-masing wilayah. “Kalau di Padang Batung, Telaga Langsat dan Negara pertanian, Loksado parawisat,” ujarnya.

Baca juga=Bupati Resmikan Bangunan Baru di RS Hasan Basry Kandangan

Ia berharap, Kabupaten HSS tetap menjadi lumbung padinya kalsel, dan kecamatan bisa menyesuaikan pembangunan dengan kearifan lokal masing-masing. “Untuk mewujutkan itu, kita akan dukung bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten,” ujar bupati.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.