Panwascam rekrut Panwaslu Desa dan Kelurahan

  • Whatsapp
PENGARAHAN - H. Kamiludin Malewa, Ketua Bawaslu Tanbu saat memberikan pengarahan kepada Panwascam se Tanbu.(ist)

BATULICIN, Kalselpos.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar rapat koordinasi dalam rangka pembentukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) desa dan kelurahan.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Grand Central, Batulicin, pada hari Jumat (14/2) itu diikuti oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tanbu, dipimpin langsung Ketua Bawaslu Tanbu, H Kamiludin Malewa SH.

RAPAT KOORDINASI – Panwascam se Tanbu saat mengikuti rapat koordinasi pembentukan Panwaslu desa dan kelurahan, Jumat (14/2). (ist)

Baca juga=Panwascam se Tanbu Dilantik

Disampaikan Kamiludin Malewa, bahwasanya Panwaslu desa dan kelurahan dibentuk oleh Panwascam yang sudah tertera dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Sebagaimana dalam agenda Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.

Kemudian, mengacu kepada Peraturan Bawaslu Nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah dalam Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2019.

Kamiludin juga menjelaskan bahwa Panwaslu desa dan kelurahan merupakan ujung tombak dari Bawaslu, tentunya dalam melakukan pengawasan dan pengaduan selama agenda Pilkada berlangsung.

Diharapkannya, para calon Panwascam harus cakap, cerdas dan paham aturan-aturan terkait dengan fungsi tugas pokoknya terhadap agenda yang sedang berjalan.

“Untuk itu, Panwascam seyogyanya lebih selektif dan teliti dalam perekrutan para petugas Panwaslu desa dan kelurahan selain dari persyaratan-persyaratan formalitas,” pintanya.

Baca juga=Panwascam se Tanbu Dilantik

Kepada Kalselpos Kamiludin Malewa menyampaikan rasa optimisnya, bahwa para Panwascam dalam beberapa waktu dekat ini bisa membentuk dan melaksanakan perekrutan para petugas Panwaslu desa dan kelurahan secara kompetetif.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.