Napi Rutan Digeledah

DIPERIKSA- Napi dan tahanan di Rutan Kandangan diperiksa dalam razia halinar Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum HAM Kalsel.(Sofan)

Sidak Divisi Pemasyarakat Tak Temukan Halinar di Rutan Kandangan


Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kalimantan Selatan (Kalsel)  Inspeksi Mendadak (Sidak), di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 2BBM Kandangan, Kamis (27/2) siang.

KANDANGAN, Kalselpos.com- ‎Dalam sidak tersebut petugas melakukan pemeriksaan satu persatu napi, tahanan dan blok kamar tidur yang ditempati penghuni Rutan Kandangan, termasuk napi dan tahanan wanita.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum HAM Kalsel, Alfi Zahrin‎, mengatakan sidak dilakukan untuk menciptakan suasana yang kondusif, aman dan terkendali di Rutan Kandangan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, dalam sidak di Rutan Kandangan sesuai dengan targer, yakni handpone, pungutan liar dan narkoba (Halinar)‎. “Saat sidak tim tidak menemukan target, begitu juga pungli yang sudah tanyakan dengan pengunjung dan penghuni. Kami hanya menemukan barang-barang gangguan keamanan,” ujarnya.

Barang-barang yang mengganggu kemanan ditemukan, diantaranya ‎pemantik api gas,  sedok, silet gunting, paku, alat cukup dan kabel listrik. “Semua barang ini dianggap bisa menganggu keamanan dan akan dimusnahkan,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk ‎menciptakan suasana yang kondusif, aman dan terkendali, pihaknya akan terus melakukan sidak, begitu juga dengan pihak Rutan Kandangan. “Kita akan terus melakukan sidak baik direncanakan atau spontan, guna menciptakan konsidi yang kondusif di Rutan,” ujarnya.

‎Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

baca juga berita hukum lainnya :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait