Kecamatan Simpang Empat jaring peserta TTG 

  • Whatsapp
PETERNAK KAMBING - Tim Kecamatan Simpang saat berada di peternakan kambing milik Arif di desa Sari Gadung. (Kristiawan)

BATULICIN, Kalselpos.com – Pihak Kecamatan Simpang Empat melakukan penjaringan Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada masyarakat yang memiliki kreasi dan inovatif berkaitan dengan TTG.

Hal itu disampaikan oleh Isnawati, Bagian Sarana Prasarana Umum Kecamatan Simpang Empat kepada Kalselpos Selasa (18/2) di salah satu tempat peternakan masyarakat dengan inovatif alat penggilingan pangan ternak jenis peliharaan Kambing.

Bacaan Lainnya

Baca juga=KNPI Simpang Empat Gelar Sidang Pleno Musyawarah Kecamatan

Menurut Isnawati, TTG merupakan ajang perlombaan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (MPD) Tanah Bumbu. Dalam hal ini pihak kecamatan hanya melakukan penjaringan di masing-masing wilayah desa dan kelurahan di tiap kecamatan.

Orientasi TTG itu sendiri untuk memberikan edukasi dan kompetisi bagi masyarakat pelaku usaha seperti peternakan, home industri, dan sebagainya. Tentunya untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi pelaku usaha masyarakat.

Terpisah, Arif salah satu peternak kambing di Pelajau desa Sari Gadung  turut serta dalam penjaringan TTG ini.

Kepada Kalselpos ia menyampaikan dalam penjaringan ini yang akan diikut sertakan dalam perlombaan nanti adalah alat penggilingan pakan ternak yang diperuntukan sebagai pakan kambing.

Dijelaskannya, inovasi pakan ternak tersebut berasal dari pemanfatan limbah seperti limbah singkong, batang padi dan pertanian lainnya. Sementara untuk nutrisinya berasal dari mengkudu, temu ireng dan kunyit.

Baca juga=KNPI Simpang Empat Gelar Sidang Pleno Musyawarah Kecamatan

“Tak hanya itu saja inovasi yang akan kami ikut sertakan, kan tetapi dengan mengikut sertakan hasil inovasi pakan ternak berasal dari Bama hasil pengolahan sendiri yang memiliki kualitas tidak kalah dengan hasil industri,” ungkapnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.