HSS Upayakan Peningkatan KLA

SUASANA- Suasan rapat kunjungan Pemkab HSS bersama Komisi I DPRD HSS ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI‎.(Humas) ‎

KANDANGAN, Kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Komisi I DPRD HSS  Kunjungan kerja (Kungker) ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI, untuk peningkatan kapasitas Kabupaten Layak Anak (KLA), Senin (10/2).

Baca juga=Cegah Stunting dengan Hindari Pernikahan Usia Dini

Bacaan Lainnya

‎Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HSS, Muhmmad Noor, mengatakan Pemkab HSS punya perhatian khusus untuk meningkatkan usaha sebagai KLA dari tahun 2017 sampai sekarang masih mendapat strata pratama.

KUNJUNGAN- Sekda Kabupaten HSS, Muhmmad Noor, saat ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI.(Humas)‎‎

Diungkapkannya, ‎dalam meningkatkan Kabupaten KLA sudah banyak yang dilakukan, yakni ‎menginisiasi untuk KLA pada Desember 2015, verifikasi pada 2017, 2018 dan 2019 mendapatkan KLA strata pratama. “Tiga tahun berturut turut kami mendapatkannya starata pratama,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI‎, Lenny N Rosalin, mengatakan pihaknya juga ingin sama sama mewujudkan semua Kabupaten dan kota di seluruh indonesia menjadi layak anak, sesuai dengan cita-cita negara ini ingin mewujudkan Indonesia Layak Anak.‎

KUNJUNGAN- Para anggota Komisi I DPRD HSS saat kunjungan ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI‎.(Humas)

‎DIjelaskannya, indikator KLA yang penting adalah tidak adanya perkawinan anak atau menikah di bawah usia 18 tahun, dan adanya Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) untuk menekan angka perkawinan anak.

Selain itu, menekan angka perkawinan anak melalui fungsi keberadaan PUSPAGA, sebagai sarana konseling, dan rujukan bagi keluarga, dengan fokus pada pengasuhan berkualitas berbasis hak anak.


“Pemerintah perlu memastikan semua anak di manapun mereka berada terpenuhi hak-haknya, dan terlindungi dari semua hal yang membahayakan. KLA akan terwujud jika semua pemangku kepentingan mendukung,” ujarnya.

Baca juga=Cegah Stunting dengan Hindari Pernikahan Usia Dini

‎Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua I TP PKK Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Wakil Ketua II TP PKK Ir Elyani Yustika M Noor,11 orang Komisi I DPRD HSS, para kepala OPD terkait, camat serta bidan desa.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait