Hindari Pemberitaan Hoaks

  • Whatsapp
Prof. Dr Widodo Muktiyo Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Menkominfo

BANJARMASIN, Kalselpos.comSeminar bertajuk Media Berkualitas Untuk Pilkada Damai yang diselenggarakan di Hotel Golden Tulip Jalan A.Yani Km 2 Banjarmasin Kalimantan Selatan,merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020).

Baca juga=Hindari Ujaran Kebencian, Berita Hoaks, Fitnah dan Isu Sara

Muat Lebih

Prof. Dr Widodo Muktiyo selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Menkominfo menjelaskan, bahwa Pilkada ini akan ada kompetisi di daerah- daerah dan itu sangat memungkinkan ada dinamika politik yang kuat di masing-masing daerah.

“Karena media sosial itu sifatnya tidak hanya mencakup daerah melainkan tersebar luas hanya dengan sekali upload. Saya menduga akan ada peningkatan berita-berita yang cenderung tidak baik, salah satunya berita hoaks,” ucapnya.

Widodo mengatakan, untuk itu harus dilakukan literasi media sosial dan terus memberikan informasi yang sehat lewat kelompok informasi masyarakat. Kominfo mempuyai informasi publik di daerah- daerah. Antisipasi, edukasi, literasi terus dilakukan.

“Tapi karena persoalan antara hati otak,tangan setiap manusia indonesia dihinggapi emosi, melihat berita ini langsung begini, ini lah yang menjadi tantangan kedewasaan dalam bermedia sosial,” ujarnya.

Menurut Widodo, kuantitas media hoaks sulit diprediksi, untuk itu pihaknya terus memberikan isu positif. Lewat humas pemerintah dikementerian, lembaga, maupun dinas kominfo daerah kabupaten/kota untuk punya media sosial. “Menjadi humas yang aktif bermedia sosial sekaligus millenial menjadi tuntutan kita saat ini,” katanya.

Baca juga=Hindari Ujaran Kebencian, Berita Hoaks, Fitnah dan Isu Sara

Ia juga ingin humas pemerintah menjadi khazanah publik itu seperti rumput hijau dan hoaks ibarat ilalang kering yang kadang mudah terbakar. “Kita ingin lebih banyak rumput hijau dimulai dari humas pemerintah yang mampu memberikan pengetahuan positif,” imbuhnya.

 

Penulis: Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA. Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.