Balangan genjot Program Kampung Iklim

Kegiatan Sosialisasi Proklim di Kabupaten Balangan (5/2/2020) (Ahmad Fauzie)

PARINGIN, Kalselpos.com – Upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim terus digenjot di Kabupaten Balangan Seperti yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Balangan melakukan kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim di Aula Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan, Rabu (5/2/2020)

Baca juga=Program Kampung Iklim, Tabalong targetkan Satu Desa di tiap Kecamatan

Strategi Implementasi Program Kampung Iklim (Proklim) di Kalimantan Selatan dari pemerintah melalui DLH Provinsi Kalimantan Selatan terus dilakukan karena program Proklim merupakan program berlingkup nasional dari Kementerian LHK RI.

Kegiatan yang dihadiri dua utusan dari Kementreian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Balai Pengendali Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan ini,turut dihadir para camat se kabupaten Balangan.

Ada tiga manfaat utama dari penerapan program Kampung Iklim ini, yaitu Manfaat Ekonomi. Masyarakat dapat merasakan manfaat secara ekonomi dari kegiatan adaptasi dan mitigasi yang dilakukan, seperti peningkatan pendapatan, penghematan pengeluaran rumah tangga.

Manfaat Lingkungan.
Terdapat perbaikan lingkungan/ ekologi yang dirasakan masyarakat dari kegiatan adaptasi dan mitigasi misalkan muncul sumber air baru,peningkatan kesuburan tanah penyelamatan panen, peningkatan kerapatan tanaman penutup tanah dalam suatu luasan.

Pengurangan Dampak Perubahan Iklim.
Frekwensi kejadian seperti banjir,longsor, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan dan kejadian ekstrim dampak perubahan iklim berkurang.

Dalam program ini juga terdapat upaya mitigasi (pencegahan) terhadap dampak buruk daru perusahaan iklim seperti : pengelolaan sampah dan limbah padat. Pengolahan dan pemanfaatan limbah cair. Penggunaan energi baru,terbarukan dan konservasi energi. Budidaya pertanian. Konservasi hutan dan lahan dan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan,Drs.H.Musa M,AP menyampaikan,melalui sosialisasi dan diskusi ini mampu melahirkan gagasan-gagasan yang baik. “Kita berharap melalui sosialisasi dan diskusi ini mampu melahirkan ide-ide yang baik dan bisa sinergi dengan program lainnya,karna selain Proklim kami juga memiliki program lainnya seperti Adiwiyata dan Adipura,” ucap Musa.

Baca juga=Program Kampung Iklim, Tabalong targetkan Satu Desa di tiap Kecamatan

Ada terdapat sejumlah desa di Kabupaten Balangan yang menerapkan program Kampung iklim diantaranya Desa Panggung, Kelurahan Paringin Timur dan Desa Bihara Hilir.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggung Jawab : SA.Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait