Akibat Limbah, Siswa SD sempat Belajar di Luar Kelas

  • Whatsapp

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, mendatangi Hotel Pyramid Suites, di Jalan Skip Lama, Banjarmasin Tengah, Rabu (26/2). Karena diduga membuang air limbah sembarangan.

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pemeriksaan limbah tersebut, menyusul adanya laporan masyarakat di sekitar Hotel dan pihak sekolah SDN Antasan Besar 7, yang merasa terganggu karena mencium bau yang tidak sedap.

baca juga berita lainnya :

Bacaan Lainnya

“Kami dari pihak sekolah sempat memindahkan siswa belajar di halaman sekolah, karena limbah air yang sangat berbau,” ujar salah seorang petugas sekolah, yang tidak ingin disebut namanya, kepada wartawan.

Kepala Bidang Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono mengungkapkan, saat tahap awal pemeriksaan saluran dan kondisi limbah yang ada di kawasan itu, pihaknya menemukan dugaan sumber bau yang tidak sedap itu berasal dari buangan limbah cair Hotel tersebut.

“Kami menemukan indikasi dari ruangan Loundry, air limbah tidak melalui IPAL saluran. Kalau dari kamar, dari dapur dan toilet masuk ke IPAL. Tadi ada outletnya, besok akan diambil sampelnya untuk dicek di laboratorium Kesehatan Provinsi, hasilnya selama dua minggu baru kelihatan,” ujar Wahyu Hardi Cahyono.

Dikatakannya, kendati sudah ada memiliki saluran dan pengolahan limbah sendiri, namun untuk IPAL milik Hotel Pyramid Suites itu, tidak memiliki izin membuang hasil olahan limbah cair di lingkungan.

Untuk bisa mendapatkan izin pembuangan limbah cair itu, diberikan apabila air yang dibuang tidak melebihi baku mutu,” ungkapnya.

Pihak manajemen Pyramid Suites, mengaku memang sudah memiliki IPAL dan melakukan pengolahan limbah sendiri.

“Kiita sudah ada IPAL. Karena kedatangan dinas adalah atas laporan masyarakat, ya kita bisa lihat dilakukan cek bersama IPAL kami,” sebut Asisten Manajer Armani Karaoke dan Lounge, Bram.

Disebut telah mencemari lingkungan, Bram berdalih apa yang dilakukan pihak sudah sesuai prosedur.

“Seharusnya tidak berdampak, kalau ada kebocoran-kebocoran pasti kami akan lakukan penanganan. Yang jelas limbah sebelum keluar di tempat kami akan masuk di IPAL,” yakinnya.

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

baca juga berita lainnya :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Terimakasih sudah komen dengan bahasa santun, tidak dengan kalimat pertentangan suku agama dan ras.