Ustadz Somad Perkirakan 1,5 Juta Hadiri Haul ke-13 Guru Sekumpul

  • Whatsapp

MARTAPURA – Haul ke-13 Syaikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang puncaknya dilaksanakan Minggu (25/3/2018) nanti diperkirakan dibanjiri jamaah. Jika tahun sebelumnya, lebih dari 800 ribu jamaah, maka tahun ini ada yang memprediksi hingga 1,1 juta. Bahkan, Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam rekaman pengajian ada melontarkan perkiraan hingga 1,5 juta orang.

Menurut UAS, majelis haul tersebut merupakan yang terbesar dalam segi jumlah hadirin se-Asia Tenggara. Hal itu tentu bukan suatu yang kebetulan, dalam artian karena keilmuan dan akhlak Guru Sekumpul yang luar biasa sehingga dikagumidan dicintai jutaan orang.

Bacaan Lainnya

Dari sumber di Sekumpul, untuk jumlah beras yang terdata saja, 4.500-an blek dan dapur umum yang juga resmi terdata mencapai 43 buah. Sementara untuk sapi, diperkirakan pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan Banjar mencapai 75 ekor. Di mana setiap ekor sapi mampu menghasilkan daging rata-rata 70 kg. Jika berkaca pada perhelatan tahun sebelumnya, kemampuan semua dapur menyediakan lebih dari 600 ribu nasi samin kotak dan bungkus.

Tentu saja jumlah suguhan bagi tamu ini masih banyak, sebab dipastikan ada saja warga yang secara sukarela juga membuatkan nasi bungkus. “Mungkin karena tidak hendak diketahui, mereka dengan sukarela memasakkan dan membagi-bagikan nasi, roti atau apapun kepada jamaah, dengan berharap berkah dari acara haul ini,” sebut Fauzan Asniah yang merupakan salah satu relawan.

Sementara Dondit Subekti, Kadis Perkebunan dan Peternakan Banjar mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan sapi yang akan dipotong di rumah pemotongan atau lokasi swadaya warga terus dipantau agar terjamin keamanannya dan kesehatannya.Semua pemotongan hewan, memasak nasi samin termasuk membagikannya nanti, dilakukan oleh para relawan yang diperkirakan berjumlah hampir 10 ribu orang. (Dicatat 17 Maret 2018)

kalselpos/ adi permana

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.