PAI Non PNS, terima SK Kemenag Batola


137 peserta mengikuti pembinaan dan penyuluhan agama Islam kepada PNS dan non PNS yang diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala (Batola) di Gedung SKB Marabahan.

MARABAHAN, kalselpos.com – Selain menyampaikan materi kepada para pembina dan penyuluh tersebut, Kemenag Batola juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS se Kabupaten Batola, Kamis (27/02/2020).

Kepala Kantor Kemenag Batola Drs H. Rusbandi MA mengungkapkan, penyerahan SK bagi para penyuluh tersebut adalah hasil dari seleksi yang dilaksanakan pada bulan Desember 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

“Tujuanya adalah untuk melaksanakan tugas dan fungsi melakukan pembinaan dan penyuluhan di desa mereka masing-masing,” ujar Rusbandi kepada Kalsel Pos.

PESERTA – 137 peserta yang mengikuti pembinaan dan penyuluhan agama Islam yang dilaksanakan Kemenag Batola di Gedung SKB Marabahan. (Muliadi)

Menurut Rusbandi, sebenarnya yang ideal itu setiap desa satu orang yang bertugas untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan agama Islam. Namun, karena keterbatasan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) yang dialokasikan dari ke Kemenag Batola.

“Tidak mungkin melakukan pengangkatan terhadap penyuluh dan pembinaan agama Islam yang non PNS ini jika tidak ada anggaranya,” ujar mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Laut itu.

Sementara ini, bebernya, bagi para penyuluh dan pembinaan agama Islam ini dua sampai 3 desa di tempatkan satu orang untuk melakukan pembinaan.

Sedangkan di Kabupaten Batola mempunyai 201 desa, jika anggaranya di sediakan cukup, maka di setiap desa satu orang ditempatkan untuk melakukan penyuluhan di setiap majelis ta’lim.

Penyuluhan ini tugasnya ada 26 sasaran, untuk melakukan pembinaan, diantaranya, terkait keluarga Sakinah, pemberantas buta huruf baca Alqur’an.

“Kami berharap kepada para penyuluh dan pembina yang sudah diberikan SK ini dapat menjalankan tugasnya sesusai ketentuan dan fungsi masing-masing seperti apa yang sudah disampaikan pada pembinaan hari ini ,” pungkasnya.

Penulis : Muliadi
Editor : Bambang CE
Penanggungjawab : SA Lingga

baca juga berita lainnya :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait