Jelang Haul ke-12 Guru Sekumpul, Martapura Sudah Bersolek

Jelang Haul ke-12 Guru Sekumpul. Oleh Adi Permana

MARTAPURA – Demi menyambut lebih dari setengah juta jamaah yang mengikuti Haul ke-12 Guru Sekumpul yang jatuh pada Minggu (2/4/2017) mendatang, Martapura khususnya Sekumpul sudah bersolek dan memperindah lingkungannya. Terlihat Jl Sekumpul dan sekitarnya dipenuhi umbul-umbul dan spanduk ucapan selamat datang. Umbul-umbul yang berwarna-warni membuat semarak lingkungan Kota Martapura. 

Bacaan Lainnya

Tak hanya panitia yang menyiapkan umbul-umbul,bahkan warga kompleks maupun kampung secara sukarela juga memasangnya. Posko-posko juga hampir seluruhnya sudah didirikan. Posko ini ditempati para relawan yang bertugas mengarahkan lalu-lintas jamaah baik yang nantinya akan masuk maupun kelak keluar Sekumpul.

Berdasar info, tak kurang dari 85 posko yang berdiri mulai dari Sekumpul hingga pinggiran Kota Martapura. Begitu juga relawan yang terlibat langsung mencapai 7.400-an. Dapur umum pun dikabarkan mencapai 38 buah. Bahkan ada warga berkomentar kalau kemeriahan umbul-umbul, posko hingga relawan ini mengalahkan perayaan Hari Kemerdekaan. “Coba kita lihat ya, kemeriahan jelang haul ini mengalahkan HUT Kemerdekaan RI,” ujar Fauzan Nahdi, warga Desa Indrasari, Martapura, Rabu (29/3/2017).

Pemkab Banjar pun merasa perlu ikut terlibat guna kelancaran pelaksaan haul. Diperkirakan, jamaah yang datang tidak hanya berasal dari sejumlah daerah kabupaten/kota di Propinsi Kalimantan Selatan saja, namun sebagian juga ada yang berasal dari daerah lain di Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Jamaah haul ke-12 ulama kharistatik asal Kota Martapura Kabupaten Banjar tahun ini diperkirakan bakal melebihi dari tahun sebelumnya. Untuk itu para jamaah yang akan hadir supaya menyiapkan diri terutama mengenai kesehatan dan diharapkan untuk mematuhi aturan dari aparat dan dari penyelenggara.

“Sebaiknya jamaah yang berasal dari Kota Martapura tidak usah menggunakan kendaraan, cukup berjalan kaki karena dekat. Ini akan membantu mengurangi kemacetan,” pinta Bupati Banjar H Khalilurrahman saat memimpin langsung rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan Haul Ke-12 Guru Sekumpul, Rabu (23/3/2017) di Mahligai Sultan Adam.

Rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Assisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Zainuddin ini, juga diikuti oleh sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, perwakilan Polres Banjar, perwakilan Kodim 1006 Martapura serta pihak keluarga Abah Guru Sekumpul dan koordinator relawan.

Pada rapat koordinasi yang sudah kesekian kalinya digelar ini, terungkap berbagai persiapan yang dilakukan oleh sejumlah SOPD terkait. serta panitia pelaksana haul. Persiapan dilakukan mulai dari penyiapan lahan parkir, pemasangan lampu penerangan, dapur umum, posko dan petugas kesehatan hingga bagaimana pengaturan arus lalu-lintas nantinya.

Bupati Banjar meminta agar SOPD nantinya all out dalam membantu penyelenggaraan pelaksanaan haul yang akan dilaksanakan pada 2 April mendatang.  ”Pemerintah Kabupaten Banjar siap mendukung kelancaran pelaksanaan Haul ke-12 Abah Guru

Sekumpul. Saya juga meminta kepada seluruh SOPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar untuk All Out mendukung penuh pelaksanaan Haul tahun ini. Kita juga telah berkoordinasi dengan Koordinator Relawan Pelaksana Haul, Pemerintah Kota Banjarbaru, Polda Kalsel, Polres Banjar, Kodim 1006/MTP, Polres Banjarbaru dan berbagai pihak terkait lainnya demi mendukung kelancaran pelaksanaan Haul yang ke-12 ini,” ujar pria yang akrab disapa Guru Khalil ini.

Bupati juga berpesan agar para jamaah menjaga ketertiban dan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tapi membuangnya di tempat-tempat sampah yang telah disediakan panitia  penyelenggara. Pada rapat koordinasi ini perwakilan Polres Banjar juga menginformasikan bahwa pihak kepolisian daerah Kalimantan Selatan siap membantu kelancaran pelaksanaan haul. 

“Bapak Kapolda menyatakan bahwa Polda Kalsel akan memback up penuh acara haul Guru Sekumpul ini,” ujarnya. (Dicatat 29 Maret 2017)

kalselpos/ adi permana

Pos terkait