HAUL GURU SEKUMPUL : TPA Banjarbakula akan beroperasi selama 24 Jam

Muhammad Yusuf Ridwan, Kepala TPA Banjarbakula

Pada peringatan haul Abah guru sekumpul yang ke – 15 Tahun 2020, diperkirakan dihadiri lebih dari dua juta jamaah.


BANJARBARU, kalselpos.com – Dengan banyaknya jamaah yang datang, maka volume sampah di Sekumpul Martapura dan sekitarnya juga dipastikan meningkat.

Bacaan Lainnya

“Pada haul Abah Guru Sekumpul yang berlangsung tanggal 29 Februari 2020 nanti diperkirakan dihadiri jutaan jamaah. Maka volume sampah juga akan meningkat. Kami dari TPA Banjarbakula siap menampung sampah berapapun jumlahnya,” ujar Kepala TPA Banjarbakula, Muhammad Yusuf Ridwan kepada Kalsel Pos, Senin (24/2/2020).

Disampaikannya, TPA Banjarbakula yang berada di Gunung Kupang Kecamatan Cempaka itu akan beroperasi selama 24 jam penuh mulai tanggal 29 Februari sampai 2 Maret 2020.

Baca Juga Berita Haul Guru Sekumpul Lainnya :

“Kami siap bekerja lembur untuk menerima kiriman sampah terkhusus dari Martapura yang tentunya akan berlipat – lipat jumlahnya,” ujarnya.

 

Diutarakan Yusuf, sebanyak 23 karyawan siap bekerja lembur. Sampah yang datang langsung dipilah antara yang organik dan sampah plastik.

“Untuk sampah kami langsung pilah begitu datang ke TPA. Kalau sampah organik langsung kami kubur dalam galian tanah merah yang telah kami siapkan dengan alat berat agar tidak menimbulkan bau,” jelasnya.

Untuk luas TPA Banjarbakula sendiri, papar Yusuf, 15 hektar dibagi dalam empat koridor. Saat ini pengoperasian masih di koridor satu. Masih banyak lokasi kosong untuk menampung sampah dari 5 kabupaten kota yang termasuk di Banjarbakula yaitu Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Batola, Banjarbaru dan Banjarmasin.

Untuk hari biasa, papar Yusuf, TPA Banjarbakula menampung sampah sebanyak 200 – 250 ton. Untuk haul guru sekumpul diperkirakan volume sampah akan meningkat dua kali lipat hingga mencapai 500 ton.

Kepada masyarakat atau jamaah yang menghadiri haul, Yusuf mengharapkan untuk membawa air minum dari rumah dengan ditempatkan di wadah yang bisa dipakai berulang – ulang seperti Tumbler atau termos.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

Baca Juga Berita Haul Guru Sekumpul Lainnya :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait