REGIONAL : Enam Desa Pilih Anggota BPD

  • Whatsapp

Sebanyak 6 desa yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serentak yang dilaksanakan pada Sabtu (22/2) kemarin.


MUARA TEWEH, Kalselpos.com- Ke enam desa tersebut berada di dua kecamatan yakni satu desa di Kecamatan Teweh Tengah dan lima desa di Kecamatan Montallat.

Untuk Kecamatan Teweh Tengah yakni Desa Lemo I, sementara untuk Kecamatan Montallat yakni Desa Pepas, Ruji, Paring Lahung, Kamawen dan Rubei.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Kabupaten Barito Utara, Eveready Noor melakukan peninjuan langsung pelaksanaaan pemilihan anggota BPD tersebut saslah satunya di Desa Lemo I.

Dengan pemilihan BPD serentak ini dia mengharapkan, masyarakat dapat memilih calon anggota BPD baik keterwakilan maupun perempuan yang bisa menyerap aspirasi masyarakat serta menyampaikannya kepada pemerintah desa dan juga pemerintah kabupaten.

Baca Juga Berita Regional :

Ia juga meminta kepada BPD terpilih nantinya dapat berinovasi, memiliki ide, pemikiran untuk membangun desa. “Jadi BPD bukan hanya pelengkap pemerintahan desa saja, tetapi juga sebagai pelopor pembangunan desa,” katanya.

Dikatakannya, pemikiran maupun ide-ide mereka inilah, yang hendaknya menjadikan desa tersebut lebih maju. “Untuk itu, BPD terpilih nantinya harus memiliki inovasi, semangat membangun desa, mengetahui sumber daya yang ada di desa sehingga dalam rangka peningkatan taraf hidup, ekonomi dan sebagainya dapat lebih baik dari saat ini,” jelasnya.

Sementara, Kepala Desa Lemo I, Nurifansyah mengatakan dari hasil pemilihan anggota BPD terpilih masa jabatan 2020-2026, yaitu Rodi Hartono dan Herdiannor RT 01, Samsuadi RT 02, Samsuadi RT 03, Susan Anggraini RT 04, Heri Filifus RT 05 Mahyar Sailalah RT 06, Helmi Utama Setiawan yang mewakili RT 07, 08, 09, 10, 11 dan RT 12. Dan satu keterwakilan perempuan yaitu Hijrah.

Dikatakan kades Lemo I, anggota BPD Desa Lemo I yang terpilih lagi (petahana) Heri Filpus, Rodi Hartono, Herdiannor, Samsuadi, sedangkan anggota BPD yang baru terpilih Susan Anggrani, Turisno, Mahyar, Helmi Utama Setiawan dan Hijrah (unsur perempuan).

Kades Lemo I mengharapkan agar anggota BPD Lemo I terpilih yang merupakan perwakilan dari masing dapil (RT), dapat menyerap dan menampung aspirasi masyarakat dari masing-masing dapail.

“BPD terpilih adalah mitra pemerintahan desa dan merupakan unsur Pemdes. Tugas dan fungsi BPD, sesuai dengan Permendagri no 110 tahun 2016 dan tugas tugas BPD menyampaikan rancangan Perdes, pengawasan APBDes, pengawasan kinerja kades,” kata Kades Lemo I, Nurifansyah.

Penulis:asli
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Baca Juga Berita Regional :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.