Jembatan KH Hasan Basri Ditutup

  • Whatsapp

Jembatan penyeberangan KH Hasan Basri Muara Teweh yang menghubungkan Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah dengan Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara (Barut) akan ditutup sementara padahari Rabu, Kamis dan Jumat tanggal 4, 5 dan 6 Maret 2020 akan datang.


MUARA TEWEH, kalselpos.com – Hal tersebut sebagaimana pemberitahuan permintaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dirjen Bina Marga Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional XI, ke Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, Ir Iwan Rusdani mdelalui Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR, Rody, Minggu (23/2) membenarkan adanya surat pemberitahuan tersebut untuk penutupan sementara jembatan KH Hasan Basri.

Menurutnya, dalam pemberitahuan itu, penutupan dilakukan dalam rangka evaluasi terhadap kondisi struktur eksisting jembatan. Guna antisipasi kerawanan kecelakaan lalu lintas terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas di atas jembatan.

Baca Juga :

Dalam surat itu juga disebutkan kegiatan yang akan dilaksanakan yakni pengujian statistik. Tujuannya, mengetahui kondisi struktur jembatan baik lendutan dan tegangan.

Pengujian ini dilakukan dengan cara memberi beban pada jembatan berupa truk bermuatan. Untuk itu, dibutuhkan penutupan sementara pada jembatan selama ujian berlangsung. “Sistem yang akan dilakukan yaitu buka tutup, dan rencana penutupan serta pengujian, dijadwalkan akan dilakukan sejak pada 4, 5 dan 6 Maret 2020,” katanya.

Adapaun kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu pada Rabu (4/3) pemasangan alat sensor, Kamis (5/3) kegiatan pemasangan instalasi sensor ke data logger dan setting, pengukuran regangan menggunakan beban lalu lintas dan pengujian tipikal bentang 1 (60 meter) dan lalu lintas ditutup selama pengujian.

Kemudian pada Jumat (6/3) sekitar pukul 00.30 WIB hingga 02.30 WIB kembali dilakukan pengujian tipikal bentang 2 (40 meter) dan pada pukul 02.30-05.00 WIB pelepasan alat sensor.

Penulis :asli
Editor :wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Baca Juga :

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait